Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
PEDULI COVID-19

Bakti Sosial, Ansor-Banser Tergo Kudus Bagikan Jamu Tradisional

Bakti Sosial, Ansor-Banser Tergo Kudus Bagikan Jamu Tradisional
Para pengurus GP Ansor-Banser ranting Tergo, Dawe, Kudus Jawa Tengah membagikan jamu tradisional. (Foto: Dok. GP Ansor Tergo)
Para pengurus GP Ansor-Banser ranting Tergo, Dawe, Kudus Jawa Tengah membagikan jamu tradisional. (Foto: Dok. GP Ansor Tergo)
Kudus, NU Online
Gerakan Pemuda Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Desa Tergo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus membagikan ratusan kemasan jamu tradisional dalam kegiatan bakti sosial. Kegiatan dalam rangka peduli wabah virus Corona (Covid-19) ini dilaksanakan di depan gedung Muslimat NU desa setempat, Jumat (17/4).

Koordinator kegiatan, Amir, mengatakan awalnya tidak berpikir untuk berbagi jamu tradisional. Namun, atas usul salah satu anggota lalu diputuskan untuk membagikan jamu tersebut dalam bakti sosial siang itu.

“Awalnya kami hanya ingin berbagi masker saja. Akan tetapi, ada salah satu anggota usul agar jamu tradisional ikut dibagikan juga. Sebab, bukan hanya bagian luar tubuh saja yang harus dilindungi," ujarnya.
 
"Perlu antisipasi dari dalam juga dengan meningkatkan imunitas tubuh. Salah satunya minum jamu tradisional,” sambung Sekretaris GP Ansor ranting Tergo ini.

Dengan pembagian jamu tradisional tersebut, menurut Amir, masyarakat dapat langsung merasakannya. Ia berharap warga bisa membuat jamu serupa di rumah masing-masing.

“Jamu yang kami buat berbahan dasar rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temulawak, serai, dan gula aren. Dalam pembuatannya, melibatkan kaum perempuan dari IPPNU, Fatayat dan Muslimat. Mereka banyak membantu terselenggaranya kegiatan ini,” jelasnya.

Selain masker yang telah disiapkan sebelumnya dan 400 lebih kemasan jamu, mereka juga membuat jus jambu sekitar 350 bungkus yang diprioritaskan untuk anak-anak. Bantuan tersebut dibagikan kepada masyarakat dengan berkeliling ke setiap dukuh yang ada di Desa Tergo.
 
“Kami juga membuat jus jambu untuk anak-anak. Untuk membagikannya, kami membuat posko di depan gedung sekretariat Muslimat NU Tergo. Lalu kami berbagi tugas. Ada yang keliling dukuh. Ada pula yang tetap menjaga posko,” terangnya.

Ia mengaku bersyukur atas terselenggaranya bakti sosial tersebut. Ia mengapresiasi kerja sama apik dan kompak dari berbagai pihak, utamanya terkait pendanaan. Donasi didapatkan dari sejumlah kader Ansor-Banser serta sebagian lagi dari masyarakat.

Harapannya, bakti sosial dalam rangka penanggulangan Covid-19 dan sosialisasi kesadaran hidup sehat yang digelar sederhana itu bermanfaat bagi warga sekitar serta bagi anggota Ansor-Banser sendiri.
 
“Semoga Ansor-Banser selalu eksis dan solid dalam kegiatan kemasyarakatan. Terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Kontributor: Afina Izzati
Editor:  Musthofa Asrori
BNI Mobile