Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kuatkan Ketahanan Pangan Warga, NU Probolinggo Salurkan Ribuan Sembako

Kuatkan Ketahanan Pangan Warga, NU Probolinggo Salurkan Ribuan Sembako
Peluncuran program bertajuk ‘19.000 Paket Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19’ oleh PCNU kabupaten Probolinggo. (Foto: NU Online/Ibnu Nawawi)
Peluncuran program bertajuk ‘19.000 Paket Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19’ oleh PCNU kabupaten Probolinggo. (Foto: NU Online/Ibnu Nawawi)
Probolinggo, NU Online
Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari, namun pandemi Covid-19 tidak juga ada tanda segera pergi. Akibatnya, banyak masyarakat kesulitan mencari rezeki, bahkan untuk sekadar memenuhi kehidupan sehari-hari. 
 
Guna menguatkan ketahanan pangan masyarakat, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur meluncurkan program bertajuk ‘19.000 Paket Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19’. Kegiatan dipusatkan di kantor NU setempat, Ahad (19/4).
 
Ketua PCNU Kabupaten Probolinggo, KH Ahsanul Haq mengatakan bahwa penyaluran 19.000 sembako akan disebarkan ke 130 desa atau Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) di 11 kecataman yang ada.
 
Disampaikan Kiai Ahsan, sapaan akrabnya bahwa imbas penyebaran Corona benar-benar memukul sendi perekonomian warga. Karena itu, harus ada langkah kongkrit dari berbagai kalangan untuk membantu ketahanan pangan masyarakat. 
 
"Karena wabah Corona juga berpangaruh terhadap ekonomi masyarakat terutama masyarakat menengah ke bawah," tegasnya.
 
Kiai Ahsan mengemukakan bahwa bantuan sembako yang akhirnya disalurkan kepada warga merupakan hasil bantuan sukarela dari para kader dan simpatisan NU.
 
"Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan meringankan beban bagi masyarakat terdampak Corona," harapnya.
 
Terkait teknis pendistribusian, dirinya memastikan langsung satu pintu lewat tim Satgas NU Kab Probolinggo Tanggap Covid-19.
 
Di kesempatan berbeda, Wakil Ketua Satgas Covid-19 NU Kabupaten Probolinggo, Misbahul Munir mengatakan bahwa bantuan paket sembako itu akan didistribusikan ke wilayah kerja NU yang ada.
 
"Kami akan sesuaikan dengan jumlah desa yang ada di 11 kecamatan sesuai dengan wilayah kerja kami," katanya.
 
Munir menambahkan, untuk pendistribusian bantuan lebih memberdayakan kader yang tergabung di Tim Satgas Covid-19 NU yang sudah terbentuk.
 
"Pendistribusiannnya akan dilakukan secara bertahap di setiap desa demi memastikan bahwa tepat sasaran," jelasnya.
 
Agar kegiatan dapat menjangkau kawasan dan warga yang lebih luas, PCNU juga mengundang masyarakat di kawasan ini untuk saling peduli. Dan alangkah lebih baik kalau bergabung demi penanganan Covid-19 lewat satuan tugas yang ada.
 
Hadir pada gerakan tersebut, HM Syukron Dosi selaku Sekretaris PCNU Kabupaten Probolinggo,  Ketua PC Muslimat NU, Ketua PC GP Ansor, Ketua PC IPNU dan IPPNU dan para pengurus lembaga serta badan otonom lainnya.
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR
 
Posisi Bawah | Youtube NU Online