Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Bantu Terdampak Covid-19, Ansor Jakarta Utara Bagikan Makanan Gratis

Bantu Terdampak Covid-19, Ansor Jakarta Utara Bagikan Makanan Gratis
Ansor Jakarta Utara bagikan makanan gratis kepada warga terdampak Covid-19 (Foto: NU Online/Suhendra)
Ansor Jakarta Utara bagikan makanan gratis kepada warga terdampak Covid-19 (Foto: NU Online/Suhendra)
Jakarta, NU Online
Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jakarta Utara, DKI ikut membantu masyarakat terdampak Corona dengan membagikan makanan gratis. 
 
Ketua Satgas Covid-19 Ansor Jakarta Utara Idrus Maulana Yusuf mengatakan, pihaknya mendistribusikan paket makan siang gratis kepada sejumlah tukang becak, supir angkot, dan pedagang kaki lima (PKL) yang terdampak Covid-19 di Jembatan Hari-Hari Teluk Gong, Kapuk Muara Penjaringan.
 
"Gerakan ini dilakukan untuk membantu masyarakat terdampak secara ekonomi dan sosial akibat pandemi virus Corona atau Covid-19 di Jakarta Utara. Adapun bahan baku nasi bungkus berasal dari donatur yang telah mempercayai kami sebagai mitra penyaluran yang  tidak terikat,” terangnya Senin (20/4).
 
Ia menjelaskan, pembuatan nasi bungkus dipusatkan di dapur umum. Selanjutnya disebarkan oleh Banser yang bertugas di lapangan dengan sasaran pengemudi ojek online, ojek pangkalan, sopir angkutan kota, para pedagang, dan masyarakat sekitar yang kurang mampu.
 
"Program seperti ini sudah kita laksanakan dari 7 hari lalu di titik-titik tertentu secara bergantian. Sebelumnya, kami membagikan makan siang gratis yang dilaksanakan di Kecamatan Koja dan Kecamatan Cilincing dengan rata-rata per hari 200-300 nasi bungkus untuk warga," jelasnya.
 
Ketua PC GP Ansor Jakarta Utara Mujawi Al-Bantani menambahkan, gerakan ini menindaklanjuti imbauan Ketua PP GP Ansor yang meminta para kader untuk ikut berperan aktif dalam penanggulangan wabah Covid-19.
 
"Kegiatan bagi-bagi makanan yang berlangsung Ahad (19/4) akan diteruskan dan selanjutnya kami akan membagikan masker maupun cairan pencuci tangan (hand sanitizer) di kecamatan-kecamatan yang ada di Jakarta Utara," ungkapnya. 
 
Dikatakan, Ansor mengajak warga yang mampu secara swadaya untuk ikut berpartisipasi, bergotong royong sebagai donatur dan memasak di rumah masing-masing lalu dibawa ke posko untuk dikemas oleh tim.
 
Mujawi berharap, warga Jakarta  Utara yang mampu dan ingin membantu meringankan beban masyarakat bisa mendatangi Posko Gugus Tugas yang berada di Jl keramat Jaya, Tugu Utara Jakarta Utara.
 
"Mudah-mudahan aksi ini bisa membantu meringankan beban masyarakat dan berharap virus ini agar segera selesai" ucap Mujawi. 
 
Kontributor: Suhendra
Editor: Abdul Muiz
Posisi Bawah | Youtube NU Online