Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Atasi Dampak Ekonomi Covid-19, Zakat Harus Segera Dikeluarkan

Atasi Dampak Ekonomi Covid-19, Zakat Harus Segera Dikeluarkan
Ketua GP Ansor Teluk Bintuni menyerakan bantuan ke warga. (Foto: istimewa)
Ketua GP Ansor Teluk Bintuni menyerakan bantuan ke warga. (Foto: istimewa)
Teluk Bintuni, NU Online
Wakil Ketua GP Ansor Teluk Bintuni Hasan Jazuli meminta Nahdliyin setempat, terutama yang berkecukupan untuk memperhatikan dampak ekonomi warga sekitarnya di tengah pandemi Covid-19. Caranya dengan segera membagikan sebagian hartanya kepada rakyat kecil.
 
"Bagi masyarakat yang secara ekonomi lebih dari cukup dianjurkan untuk berbagi. Sebagaiman imbauan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin RI," jelasnya, Sabtu (2/5).
 
Termasuk zakat fitrah, Hasan meminta masyarakat untuk segera mengeluarkannya lebih cepat dari sebelum-sebelumnya, mengingat banyak masyarakat membutuhkan bantuan saat ini. Menurutnya, dalam situasi semacam ini mengeluarkan zakat fitrah tak perlu menunggu hingga akhir Ramadhan 1441 H.
 
"Masyarakat kaya kita minta segera menyalurkan zakat bagi masyarakat yang berhak menerima," lanjutnya.
 
Ia mengaku, sejak beberapa waktu lalu, Ansor berupaya membantu masyarakat kecil dengan membagikan Sembako. Kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka memperingati hari lahir ke-86 Gerakan Pemuda (GP) Ansor. 
 
Menurut Ketua GP Ansor Teluk Bintuni M Abdilah aksi sosial tersebut bekerja sama dengan Madrasah Diniyah (Madin) Thoriqul Huda dan Madin An-Nahdhoh. Ini sebagai langkah konkret mengajak masyarakat menyalurkan harta pada jalur yang benar.
 
"Ada kurang lebih 300 paket sembako yang kita bagikan," katanya.
 
Dikatakannya, GP Ansor Teluk Bintuni merasa sangat tidak elok bila merayakan hari lahir dengan berkumpul saat Covid-19. Apalagi, merayakan sesuatu dengan penuh tawa di tengah masa sulit seperti ini.
 
Hampir seluruh Indonesia banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan hanya bisa berdiam diri di rumah. Bahkan kadang ada yang bingung mau makan apa untuk hari esok.
 
"Dampak ekonomi karena Covid-19 sangat terasa dari masyarakat atas hingga rakyat kecil. Tidak merayakan hari lahir secara euforia adalah pilahan bijak," tambah Abdillah.
 
Pembagian sembako difokuskan pada masyarakat yang kurang mampu di sekitar wilayah Kampung Banjar Ausoy (SP 4), Argosigemerai (SP 5 ), Bumi Saniari (SP 3), Koramano Jaya (SP 2) dan Waraitama (SP 1). Semua berada di Kabupaten Teluk Bintuni.
 
Secara khusus kegiatan berbagi sembako ini diberikan kepada lansia, janda, yatim piatu, dan anggota banser yang kurang mampu.
 
"Kami selaku organisasi keagamaan dan kemasyarakatan tidak ada salahnya ikut serta membantu Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni meringankan beban masyarakat kurang mampu dan ikut serta mencegah penyebaran Covid 19," ujarnya.
 
Bersamaan dengan mengantarkan sembako, GP Ansor Teluk Bintuni juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu memakai masker dan tidak keluar rumah jika tidak mendesak.
 
"Anggota juga selalu kita ingatkan untuk menjaga kesehatan dan tetap mentaati imbauan dari pemerintah terkait Covid-19," tutup Abdillah.
 
Kontributor: Syarif Abdurrahman
Editor: Syamsul Arifin 
Posisi Bawah | Youtube NU Online