IMG-LOGO
Daerah

Siasati Pertemuan Terbatas, Ansor Tegal Isi Ramadhan dengan Tadarus Virtual

Ahad 3 Mei 2020 19:00 WIB
Siasati Pertemuan Terbatas, Ansor Tegal Isi Ramadhan dengan Tadarus Virtual
Kegatan khataman Al-Qur'an MDS Rijalul Ansor Dukuhwaru Kabupaten Tegal (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Tegal, NU Online
Dalam rangka Syiar Ramadhan 1441 H di tengah pandemi Covid-19, Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah menggelar tadarus Al-Qur'an Virtual sepanjang Ramadhan 1441 Hijriyah.
 
Ketua MDS Rijalul Ansor Kecamatan Dukuhwaru Moh Azami kepada NU Online mengatakan, mewabahnya pandemi Covid-19 tidak berarti aktivitas kegiatan organisasi dan jamiyah ikut berhenti. Akan tetapi harus tetap berjalan. Terlebih di bulan suci Ramadhan yang merupakan bulan suci, bulan yang penuh ampunan.
 
"Tadarus ini di samping merupakan ibadah sekalius syiar di bulan Ramadhan. Jadi meski masih diliputi suasana keprihatinan karena pandemi Covid-19, kami GP Ansor Dukuhwaru melalui Majelis Dzikir Rijalul Ansor tetap bisa menggelar tadarus Al-Qur'an secara virtual / online," ujarnya Ahad (3/5). 
 
Alhamdulillah, Khatmil Qur'an putaran pertama sudah terlaksana pada malam Jumat lalu," tambahnya.
 
Menurutnya, selain sarana syiar Islam ala Ahlussunnah Waljamaah, kegiatan tadarus juga sebagai ikhtiar batin agar wabah pandemi global Covid-19 cepat hilang dari bumi Nusantara ini. 
 
"Dengan semakin banyak kita membaca Al-Qur'an dan munajat berdoa kepada Allah SWT mudah-mudahan virus Corona ini cepat hilang dan diangkat dari bumi Indonesia," harapnya.
 
Sekretaris Rijalul Ansor Kecamatan Dukuhwaru Ustadz Muhtar Ahmad menambahkan, tadarus Al-Qur’an virtual dilaksanakan dengan metode yakni tadarus dilaksanakan di rumah masing–masing dengan pembagian setiap ranting Ansor mendapat jatah 10 juz setiap minggunya sesuai jadwal.
 
"Selanjutnya setiap ranting Ansor melaporkan juz yang dibaca setiap Kamis sore pukul 17.00 Wib melalui Grup WA Ansor Dukuhwaru dan akan direkap oleh pengurus Rijalul Ansor Kecamatan Dukuhwaru," terangnya.
 
Dia melanjutkan, pelaksanaan khatmil Qur’an tingkat Kecamatan dilaksanakan oleh Rijalul Ansor Kecamatan setiap Kamis malam Jumat mulai Pukul 21.00 Wib di Gedung MWCNU Dukuhwaru. Khataman disiarkan live melalui Fanspage Facebook PAC GP Ansor Dukuhwaru.
 
"Kita menargetkan setiap pekan seluruh ranting khatam 3 kali. Jadi sepanjang Ramadhan seluruhnya bisa khatam 12 kali Khatam, Insyaallah," ungkapnya.
 
Usai khataman lanjut Muhtar, acara diisi dengan istighotsah, doa tahlil, shalawat Thibbil Qulub, dan diakhiri dengan lantunan wirid Li Khomsatun.

"Semoga ini menjadi ladang ibadah kita para kader Ansor pada bulan suci Ramadhan ini. Kita semua juga berdoa, wabah Covid-19 ini cepat berlalu, sehingga aktivitas kita akan kembali normal," pungkasnya. 
 
Kontributor: Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG