Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Internasional Keislaman Risalah Redaksi English Opini Obituari Video Tokoh Hikmah Arsip

Sejumlah Musisi Ikuti Tadarus Seni Ramadhan Kamis Besok

Sejumlah Musisi Ikuti Tadarus Seni Ramadhan Kamis Besok
Makara Art Center Universitas Indonesia (UI) akan menggelar kegiatan Tadarus Seni Ramadhan secara virtual, Kamis (7/5)
Makara Art Center Universitas Indonesia (UI) akan menggelar kegiatan Tadarus Seni Ramadhan secara virtual, Kamis (7/5)
Jakarta, NU Online
Makara Art Center Universitas Indonesia (UI) akan menggelar kegiatan Tadarus Seni Ramadhan secara virtual, Kamis (7/5). Pagelaran seni tersebut kali kedua dilaksanakan oleh pegiat seni dan budaya universitas terkemuka di Indonesia itu.

Kepala MAC UI Al-Zatrouw Ngatawi menuturkan, tema yang akan diurai pada pagelaran volume 2 itu yakni ‘Merawat Harmoni di Tengah Pandemi’. Tujuan diselenggarakannya kegiatan adalah mensyiarkan nilai seni dan budaya dan memberikan hiburan kepada masyarakat. 

“Acara ini  merupakan persembahan Makara Art Center (MAC) UI, gerakan #AkuIndonesia dan Komuji Jakarta,” katanya kepada NU Online, Rabu (6/5). 

Musisi papan atas dihadirkan pada pagelaran budaya tersebut, mereka adalah Once Mekel, Kikan, Maia Estianty dan Sandi Sandoro. Sementara tokoh yang juga ikut memeriahka yaitu Inayah Wahid dan Sekretaris UI, Agustin Kusumayati yang akan tampil sebagai pembaca puisi. 

“Yang juga tidak kalah menarik pada pagelaran Tadaraus Ramadhan kali ini diisi stand up comedy oleh Sakdiyah Ma'ruf dan taushiyah keagamaan yang disampaikan oleh Menag 2014-2019 H Lukman Hakim Saifuddin,” katanya.

Zastrow bersyukur, kegiatan yang digagasnya itu mendapat respons positif dari publik terbukti dari banyaknya masyarakat yang mengikuti tayangan langsung pada pagelaran pertama beberapa waktu yang lalu. 

Meski keadaan pandemi, lanjutnya, masyarkat harus terus mendapatkan syiar Ramadhan agar semakin tercerahkan. 

“Selain memberi nilai hiburan kami juga berharap acara ini punya nilai ibadah di bulan suci Ramadan", tambah Zastrouw

Sementara itu, Sekretaris MAC UI Agustin Kusumayati mengapresiasi kegiatan berbau seni dan budaya tersebut. Apalagi, kata dia, ada tausyhiah Ramadhan yang disampaikan mantan Menag RI sehingga pagelaran akan semakin bernilai. 

“Kami mengapresiasi, apalagi temanya sangat menarik ya. UI memiliki concern mendorong tumbuhnya kesadaran  menjaga harmoni atas keberagaman bangsa ini. Dan acara ini  merupakan bentuk kepedulian dan komitmen UI dalam menjaga integritas bangsa melalui bahasa budaya,” ucapnya. 

Dia berharap acara itu menjadi sarana menjaga harmoni di tengah wabah pandemi. 

Selanjutnya, masyarakat dari Sabang sampai Merauke juga dapat menyaksikan pagelaran online tersebut secara live di kanal www.youtube.com/akuindonesia. Seluruh rangkaian acara memang dilangsungkan secara virtual termasuk para artis yang bernyanyi di rumahnya masing-masing. 

“Ini merupakan tantangan berat bagi para teknisi kami," demikian kata Ridhi, selaku show director acara ini. Tapi Alhamdulillah kemarin acara lancar dan hampir tidak ada kendala teknis yang berarti, pengalaman ini menjadi modal kami pada Vol. 2, semoga akan lebih baik," kata seorang panitia, Ridhi. 

Kemudian, Koordiantor Komuji Chapter Jakarta Kikan, memastikan seluruh artis sudah siap mengisi acara tersebut. Pelaku seni dari kalangan musisi, ucap dia, mendukung secara penuh  apa yang digagas oleh UI tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi pada teman-teman artis dan para pengisi acara lainnya yang tetap semangat dan antusias terlibat dalam acara ini meski tanpa imbalan apapun kecuali berharap doa dari dan untuk kita semua,” ujarnya. 

Selain itu, seluruh rangkaian acara akan dipandu oleh dua orang host yaitu Alga The Panas Dalam dan Sasti Hapsari. Tampilnya dua host milenial ini diharapkan membuat suasana semakin hidup dan menarik.

Pewarta : Abdul Rahman Ahdori
Editor : Abdullah Alawi
 

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya