IMG-LOGO
Internasional

Otoritas London Izinkan Masjid Kumandangkan Azan selama Lockdown

Sabtu 9 Mei 2020 18:00 WIB
Otoritas London Izinkan Masjid Kumandangkan Azan selama Lockdown
Azan dengan pengeras suara akan menjadi kado yang baik bagi komunitas Muslim sebagai dorongan spiritual dan juga mengingatkan mereka untuk shalat di rumah masing-masing. (Foto: history.org.uk)
London, NU Online
Otoritas Waltham Forest, London, Inggris mengizinkan masjid-masjid di London Timur untuk mengumandangkan azan dengan menggunakan pengeras suara setiap Maghrib dan Jumat siang selama bulan Ramadhan. Ada sembilan masjid di London Timur yang mengumandangkan azan secara publik setelah mendapatkan izin.
 
Diberitakan Arab News, Jumat (8/5), hal ini dilakukan untuk membantu umat Islam agar mereka tetap terhubung secara spiritual dengan rumah ibadahnya selama lockdown (penguncian) Covid-19.

Azan pertama yang dikumandangkan secara publik, melalui pengeras suara di menara-menara mereka, di wilayah itu terjadi pada Shalat Maghrib pada Senin lalu. Mengikuti aturan pemerintah Inggris agar tidak shalat di masjid, muadzin di masjid-masjid itu menyelipkan kata ‘Shalat lah di rumah kalian masing-masing’ di dalam azan.

Biasanya umat Islam di seluruh dunia, termasuk Inggris, akan melakukan banyak aktivitas di masjid sekitar selama Ramadhan. Mulai dari buka bersama hingga shalat Tarawih. Namun adanya pandemi Covid-19 membuat hal itu tidak bisa dilakukan lagi. 

Inisiatif tersebut—adzan dengan pengeras suara—diinisiasi oleh Dewan Masjid Waltham Forest (WFCOM), yang mewakili 70 ribu umat Islam di sana. Sekretaris WFCOM, Said Looch, mengatakan, pihaknya terinspirasi oleh Masjid al-Manar London yang mengumandangkan adzan dengan pengeras suara ketika matahari terbenam, setelah mendapatkan izin dari otoritas setempat.

Looch kemudian mendatangi Dewan Waltham Forest dan menjelaskan betapa spesielnya bulan Ramadhan bagi umat Islam, terutama pada bulan Ramadhan. Kepada Dewan, dia menyebut bahwa azan dengan pengeras suara akan menjadi kado yang baik bagi komunitas Muslim sebagai dorongan spiritual dan juga mengingatkan mereka untuk shalat di rumah masing-masing.

"Dewan Waltham Forest menerima proposal kami dan memberi kami izin untuk azan dengan pengeras suara," katanya. Meski demikian, ada beberapa masjid di Waltham Forest yang tidak bisa mengumandangkan azan dengan pengeras suara karena mereka terletak di tengah-tengah perumahan. 

Untuk diketahui, Masjid London Timur dan Pusat Muslim London di Distrik Whitechapel adalah masjid pertama di Inggris yang mengumandangkan azan di depan umum ketika itu dibuka pada 1985 silam. 
 
Pewarta: Muchlishon
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG