IMG-LOGO
Daerah

LAZISNU Lampung Kirim Logistik Bencana Puting Beliung di Tulang Bawang

Kamis 21 Mei 2020 12:00 WIB
LAZISNU Lampung Kirim Logistik Bencana Puting Beliung di Tulang Bawang
Bantuan dari LAZISNU Lampung langsung dikirim ke Tulang Bawang, korban bencana puting beliung. (Foto: NO Online/Muhammad Faizin)
Tulang Bawang, NU Online
Musibah angin puting beliung menyapu beberapa daerah di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, Rabu (20/5) sore. Angin dahsyat yang dibarengi dengan hujan ini terjadi di tiga desa yakni Tri Mulya Jaya, Tri Tunggal Jaya dan Dwi Warga Tunggal Jaya di Kecamatan Banjar Agung (II), dan Purwa Jaya di Kecamatan Banjar Margo.
 
Selain banyak bangunan rumah porak poranda, sampai dengan tadi malam, musibah ini juga mengakibatkan korban jiwa yakni dua orang meninggal dunia, lima warga mengalami luka berat dan satu lainnya luka ringan. 
 
Banyak rumah yang ambruk dan sebagian tidak lagi tanpa atap sehingga air hujan pun masuk dan membasahi semua barang rumah tangga. Termasuk bahan pangan dan kebutuhan konsumsi sehari-hari juga tidak lagi bisa diselamatkan.
 
Kondisi ini lah yang dengan cepat direspons oleh Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Provinsi Lampung dengan mengirim paket logistik pangan untuk para korban. Menggunakan satu armada kendaraan kontainer, bantuan langsung diluncurkan ke lokasi musibah pada Kamis (21/5) pagi.
 
"Untuk sementara ini kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi adalah logistik bahan pangan. Ke depan LAZISNU Lampung akan mendistribusikan kebutuhan lain seperti bahan bangunan," kata Ketua LAZISNU Lampung Hasanuddin Erreza kepada NU Online.
 
Hasan berharap bantuan perdana yang disalurkan ini mampu membantu tumbuhnya kembali optimisme para korban dalam menghadapi musibah. Optimisme lanjutnya bisa diwujudkan dengan bentuk saling membantu dan peduli terhadap penderitaan yang dialami para korban.
 
"Logistik ini merupakan bagian dari bantuan logistik yang diluncurkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ke berbagai penjuru Indonesia. Alhamdulillah untuk Lampung langsung kita alokasikan ke Tulang Bawang untuk membantu korban musibah ini," jelasnya.
 
Selain LAZISNU Lampung yang menyalurkan bantuan, lembaga serupa di berbagai kabupaten di Lampung juga melakukan penggalangan dana untuk membantu korban bencana yang terjadi di akhir Ramadhan ini. Seperti yang dilakukan LAZISNU Kabupaten Pringsewu.
 
"Kami langsung menggalang open donasi untuk musibah ini. Semoga di tengah kondisi wabah Covid-19 ini, para korban diberikan kekuatan dan kesabaran untuk kembali bangkit dari musibah. Mari bantu Tulang Bawang," kata Manager Eksekutif LAZISNU Pringsewu, Kabul Muliarto.
 
Pihaknya lanjut Kabul juga sudah sering melakukan aksi untuk membantu berbagai korban bencana yang terjadi di Lampung dan luar provinsi. Kepercayaan sudah banyak diterima LAZISNU Pringsewu dari para donatur dari luar daerah. "Seperti donasi untuk beberapa musibah LAZISNU Pringsewu sudah menerima donasi dari Bandung Jawa Barat," katanya.
 
Bagi masyarkat luas yang ingin berdonasi ke NU Care-LAZISNU Pringsewu bisa menyalurkannya melalui rekening berikut: Rekening Zakat 035801016988536 (BRI) dan 0792171586 (BNI Syariah). Rekening Infak 035801016989532 (BRI) dan 0791720380 (BNI Syariah), Rekening ZIS 901.04.00001 (BMT NU Pringsewu) an. LAZISNU Kabupaten Pringsewu.  
 
"Untuk konfirmasi donasi silakan menghubungi nomor WA 085269607010," pungkas Kabul.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Ibnu Nawawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG