Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LAZISNU Sumenep Dipercaya Salurkan Bantuan Sembako dari Sobat Ambyar

LAZISNU Sumenep Dipercaya Salurkan Bantuan Sembako dari Sobat Ambyar
Paket Sembako dari Sobat Ambyar tiba di Pragaan, Sumenep. (Foto: NU Online/Firdausi)
Paket Sembako dari Sobat Ambyar tiba di Pragaan, Sumenep. (Foto: NU Online/Firdausi)
Sumenep, NU Online 
Tidak banyak yang tahu tentang sang maestro Campursari Dionisius Prasetyo atau lebih dikenal Didi Kempot sebelum tutup usia. Bahwa almarhum menggelar konser amal dari rumah untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19. Konser tersebut sebagai bentuk solidaritas yang mampu memberikan energi positif demi merangkul dan menguatkan seluruh lapisan bangsa di masa pandemi.
 
Tujuan utama dari konser online tersebut untuk mengajak para sobat ambyar atau fans fanatiknya agar tetap kuat melewati situasi pandemi. Pada konser tersebut, Didi Kempot mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mudik ke kampung halaman sebagai pencegahan penularan Covid-19, sehingga mendapat apresiasi dari Presiden RI. Karena apa yang dilakukan merupakan terobosan baru di tengah pandemi.
 
Dari konser tersebut, Nahdlatul Ulama mendapat Rp2 miliar yang disalurkan ke PBNU yang diwujudkan untuk pengadaan Sembako dan didonasikan kepada warga NU dan dhuafa. Kepercayaan sobat ambyar kepada NU diharapkan akan meningkatkan semangat para pengurus dan relawan untuk memutus mata rantai Covid-19.
 
"Ini bantuan dari sobat ambyar yang kemarin menggelar konser amal dengan total Rp7 miliar. Rp2 miliarnya dipercayakan kepada PBNU, sedangkan PWNU Jawa Timur juga mendapat kepercayaan untuk membagikan seribu paket Sembako ke setiap daerah, termasuk di Madura dan kepulauannya seperti Raas, Masalembu, Kangean, bahkan Bawean," kata Moh Rofi'i Boenawi, Kamis (21/5).
 
Sekretaris NU-Care Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jatim ini menegaskan bahwa kedatangannya ke Kabupaten Sumenep, Jawa Timur untuk membagikan Sembako kepada warga terdampak, terutama dhuafa yang ada di setiap kabupaten.
 
"Kami serahkan sepenuhnya kepada Pengurus Cabang (PC) LAZISNU yang ada di Madura untuk menyalurkan bantuan ini. Sehingga yang turun langsung ke bawah adalah LAZISNU yang kemudian dibantu Gugas Covid-19 di setiap PCNU," jelasnya.
 
PCNU Sumenep menyambut kedatangan tim di Kecamatan Pragaan untuk memberikan bantuan secara simbolis kepada warga terdampak. Adalah Holisoh di Dusun Ponjun Desa Jaddung dan Sarimo di Dusun Mornangka Desa Pragaan Laok yang menerima.
 
"Secara simbolis Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama atau MWCNU Pragaan terpilih menjadi titik pendistribusian karena merupakan kawasan paling aktif di Sumenep,” kata Ketua PC NU Care-LAZISNU Sumenep, Ustadz Abd Hadi.
 
Dirinya akan mendistribusikan bantuan ini ke setiap pelosok desa, termasuk di daerah kepulauan. Yakni 70 paket Sembako akan didistribusikan dengan dibantu oleh tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 PCNU Sumenep yang dipimpin oleh Ustadz Ahmad Saheri.
 
Ketua MWCNU Pragaan, KH A Junaidi Ma’arif menjelaskan bahwa almarhum Didi Kempot menciptakan lagu tentang NU yang berjudul Islam Nusantara. 
 
“Hal tersebut memberi pesan bahwa almarhum berusaha mengajak umat Muslim untuk mengikuti aturan yang ditetapkan dan mengajak untuk menghormati jasa ulama NU yang berjuang sejak zaman penjajahan,” kata katanya. 
 
Dirinya turut mengajak masyarakat di seluruh Sumenep untuk mematuhi dan memeperhatikan protokol kesehatan. Yakni dengan tidak lupa mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir atau memakai hand sanitizer sebelum beraktivitas. 
 
“Jaga jarak atau sosial distancing karena penyebaran Covid-19 melalui percikan flu atau bersin dan saat batuk," pungkasnya.
 
Kontributor: Firdausi
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile