Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ansor-Banser Jombang Terlibat Aktif Jaga Posko Covid-19

Ansor-Banser Jombang Terlibat Aktif Jaga Posko Covid-19
Beberapa anggota Banser Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur sedang menjaga posko Covid-19. (Foto: Istimewa)
Beberapa anggota Banser Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur sedang menjaga posko Covid-19. (Foto: Istimewa)

Jombang, NU Online
Para pengurus Gerakan Pemuda (GP) Ansor bersama Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Jombang, Jawa Timur terlibat aktif membantu pemerintah dalam menangani Covid-19. Bahkan untuk memastikan agar masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19 yang dianjurkan pemerintah, mereka intens menjaga posko-posko Covid-19.

Posko tersebut didirikan pemerintah daerah mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa yang di antaranya dipusatkan di sekolah-sekolah dasar. Selain sebagai wadah relawan Covid-19, Posko ini juga berfungsi untuk menampung masyarakat yang sedang dikarantina karena berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto mengungkapkan, keterlibatan Ansor-Banser dalam hal ini adalah pengejawantahan dari komitmen kemanusiaan yang diembannya. Ansor dan Banser menurutnya memiliki komitmen yang kuat atas tugas dan tanggung jawabnya dalam kondisi dan situasi bagaimanapun.

"Alhamdulillah, komitmen kemanusiaan juga kemasyarakatan yang dimiliki oleh para sahabat Ansor dan Banser cukup kuat, sehingga semangat berkhidmat dan menjadi manfaat bagi sesama tidaklah pudar," katanya kepada NU Online, Kamis (4/6).

Pria yang akrab disapa Gus Antok ini memastikan di hampir semua posko Covid-19, anggota Ansor dan Banser selalu terlibat. Mereka membantu mempermudah tugas relawan-relawan Covid-19, mulai dari pencegahan hingga langkah antisipatif penularan virus yang cukup berbahaya tersebut.

"Karena sejatinya pada situasi dan kondisi seperti ini dibutuhkan kebersamaan, kekompakan, saling membantu dan saling menguatkan, dan bergotong royong menghadapi serta memutus rantai penyebaran Covid-19," ujarnya.

Secara spesifik menurutnya, ada beberapa tugas pokok yang dilakukan Ansor dan Banser di posko Covid-19. Di antaranya membantu pemerintah daerah dalam mengantisipasi dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Kemudian melakukan pencegahan dengan edukasi dan sosialisasi pentingnya menggunakan masker, cuci tangan, memakai hand sanitizer, menerapkan physical distancing, dan pelaksanaan protokol kesehatan cegah Covid-19.

"Ada langkah sigap dan tertib yang dilakukan Ansor dan Banser, mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten, turut berpartisipasi dalam kegiatan pencegahan, edukasi, sosialisasi dan implementasi protokol kesehatan cegah Covid-19," ungkapnya.

Kemudian tugas lainnya yaitu membantu menerima dan mendistribusikan bantuan masyarakat bersama dengan elemen pemerintahan atau non-pemerintahan dari berbagai tingkatan kewilayahan.

Dihubungi terpisah, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Sumobito, Jombang, Amir Syarifuddin mengungkapkan, puluhan personel Banser di daerahnya hingga kini masih menjaga posko Covid-19 secara bergantian. Dirinya membuat jadwal penjagaan agar terkoordinir dengan baik.

"Sampai saat ini masih berlangsung hingga 14 hari. Sekarang sudah berjalan satu minggu," ucapnya.

Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Muhammad Faizin

BNI Mobile