Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Lampung Utara Belajar Kesuksesan LAZISNU Pringsewu Kelola Koin

NU Lampung Utara Belajar Kesuksesan LAZISNU Pringsewu Kelola Koin
Studi Banding NU Lampung Utara ke LAZISNU Pringsewu. (Foto: Istimewa)
Studi Banding NU Lampung Utara ke LAZISNU Pringsewu. (Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online
Sejumlah pengurus NU Kabupaten Lampung Utara melakukan kunjungan ke Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu, Ahad (7/6). Kunjungan ini ditujukan untuk belajar pengelolaan Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) khususnya manajemen Koin NU di Pringsewu.

Seperti diketahui, LAZISNU Pringsewu telah berhasil mengelola program Koin NU yang dinamakan dengan Koin Pondasi Akhirat. Dengan memaksimalkan uang koin dari masyarakat, LAZISNU Pringsewu berhasil melaksanakan program bagi kemaslahatan umat.

"Kehadiran pengurus NU dan LAZISNU Lampung Utara untuk mempelajari pengelolaan koin baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang," kata Manajer Eksekutif LAZISNU Pringsewu Kabul Muliarto kepada NU Online.

Para pengurus NU dari Lampung Utara, lanjut Kabul, ingin mengaplikasikan program-program tersebut di antaranya jalin kesehatan yang menggratiskan biaya pengobatan warga, pengadaan kendaraan ambulans, bantuan bencana, dan program lainnya.

Beberapa berkas pun dipelajari mulai dari brosur Koin Pondasi Akhirat, Nutrizsi, blangko laporan pendapatan koin, buku saku koin, MoU kesehatan, dan berbagai data lainnya 

Dalam kesempatan tersebut, tamu dari Lampung Utara pun menyempatkan untuk mempelajari pola pengelolaan dana ZIS yang menggandeng BMTNU Pringsewu. Pengelolaan ini meliputi pembuatan rekening bagi seluruh JPZIS di desa-desa sehingga dana koin bisa dikelola secara profesional.

Sementara Ketua LAZISNU Lampung Utara Prayitno mengatakan, bahwa keberadaan lembaga yang dipimpinnya ini baru berjalan sekitar satu bulan. Dengan tekad dan semangat para pengurusnya diharapkan LAZISNU Lampung Utara akan dapat berjalan memaksimalkan potensi ZIS bagi kemaslahatan umat.

Prayitno hadir bersama rombongan yang terdiri dari Agustoni (Sekretaris PCNU Lampung Utara), M Fathul Bary (Wakil Ketua LAZISNU), Refi M Kamisa (Wakil Ketua LAZISNU), M Nanang Misbahul Munir (Sekretaris LAZISNU), Bahraeni (Bendahara LAZISNU), Imam Sayuti (Ketua MWCNU Bunga Mayang 2).

Sementara para pengurus LAZISNU Pringsewu di antaranya Khairuddin (Ketua LAZISNU), H Fauzi (Wakil Ketua LAZISNU), Siti Marfuah (Sekretaris LAZISNU), H Abdul Khalik (Bendahara LAZISNU) dan Kabul Muliarto (Manajer Eksekutif LAZISNU).

Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin

BNI Mobile