Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Bantu Peziarah, Ansor Tegal Wakaf Ratusan Kursi untuk Makam

Bantu Peziarah, Ansor Tegal Wakaf Ratusan Kursi untuk Makam
Ansor Tegal serahkan kursi ke Kades Balapulang Wetan untuk para peziarah (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Ansor Tegal serahkan kursi ke Kades Balapulang Wetan untuk para peziarah (Foto: NU Online/Nurkhasan)

Tegal, NU Online

Dalam upaya membantu para peziarah, Gerakan Pemuda Ansor Ranting Balapulang Wetan (Balwet), Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah menyerahkan wakaf ratusan kursi untuk makam di Desa Balapulang Wetan dan Balapulang Kulon Kabupaten Tegal.

 

Wakaf kursi diserahkan melalui Pemerintah Desa masing-masing yakni Kepala Desa Balapulang Wetan Suaedi dan Kepala Desa Balapulang Kulon Atjep Fidias, Senin (15/6).

 

Ketua Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Balapulang Wetan Ahmad Taufik Robih Fauzan mengatakan, meski dampak pandemi Covid 19 masih dirasakan semua pihak, akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan langkah dan gerak GP Ansor untuk tetap menjalankan program yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

"GP Ansor Balapulang Wetan melalui program Ansor Balwet Peduli memberikan wakaf kursi kepada Kepala Desa Balapulang Wetan dan Kepala Desa Balapulang Kulon agar dapat digunakan peziarah di makam kedua desa tersebut," kata Fauzan.

 

Dikatakan, melalui wakaf kursi tersebut diharapkan dapat membantu para peziarah di dua desa tersebut. "Harapannya peziarah tidak usah repot-repot lagi bawa tikar/kursi dari rumah apabila akan ziarah di makam. Jadi peziarah akan lebih khusyu dalam berziarah," ungkapnya.

 

 

Fauzan mengaku, ratusan kursi tersebut berasal dari semua kader Ansor Banser dan dari para perajin meubel yang ada di Balapulang Wetan, yakni dengan memanfaatkan kayu limbah sisa-sisa home industri untuk dibuatkan kursi. 

 

"Sekitar 2 minggu waktu yang kami butuhkan untuk merampungkan program itu, dari mulai pembuatan kursi, pengecatan kursi, penyablonan dan pembuatan tempat kursi di lokasi makam," tuturnya.

 

"Sahabat-sahabat Ansor dengan semangat yang luar biasa rela setiap hari bekerja bersama-sama agar program ini bisa sukses. Dan Alhamdulillah target 2 minggu dapat terselesaikan," sambungnya.

 

Kasatkorkel Banser Balapulang Wetan Imron kepada NU Online menuturkan, meski kader Ansor Banser ada yang kehilangan pekerjaan, ada yang usahanya harus berhenti selama beberapa bulan, akan tetapi masih bisa berkontribusi dengan kursi yang diwakafkan sebanyak 217 unit. Dengan rincian 112 untuk Desa Balapulang Wetan dan 105 untuk Desa Balapulang Kulon.

 

"Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada sahabat Ansor Banser, perajin meubel, Pemdes Balapulang Wetan, dan Pemdes Balapulang Kulon serta semua pihak yang telah membantu dan mensukseskan program Ansor Balwet Peduli ini. Semoga Allah SWT meridhoi-Nya. Aamiin," pungkasnya. 

 

Kepala Desa Balapulang Wetan Suaedi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ansor Banser atas kepeduliannya kepada masyarakat melalui kegiatan aksi Ansor Peduli yang jarang terpikirkan oleh masyarakat pada umumnya.

 

"Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan Ansor Banser terus bisa bersinergi dengan Pemdes Balapulang Wetan," harap Suaedi.


Kontributor: Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile