Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LAZISNU Jatim Kembali Salurkan Bantuan untuk Lansia dan Difabel

LAZISNU Jatim Kembali Salurkan Bantuan untuk Lansia dan Difabel
NU Care-LAZISNU Jatim menyerahkan bantuan kepada kalangan difabel di Surabaya. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
NU Care-LAZISNU Jatim menyerahkan bantuan kepada kalangan difabel di Surabaya. (Foto: NU Online/Rof Maulana)

Surabaya, NU Online

NU Care Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqah Nahdhatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembilan bahan pokok atau Sembako. Bantuan disampaikan  kepada warga penyandang difabilitas di kawasan Kampung Baru di Wonorejo, Rungkut Surabaya.

 

Penyaluran ini dilakukan oleh relawan NU Care-LAZISNU Jatim kepada kalangan difabel dan lansia yang terdampak Covid-19. Karena perhatian kepada kalangan ini sangat minim, padahal turut terdampak akibat merebaknya virus.

 

“Alhamdulillah, kami dari NU Care LAZISNU Jawa Timur memberikan bantuan berupa paket Sembako kepada kaum difabel. Yang jelas mereka ini terkena dampak Covid-19 secara ekonomi,” kata A Afif Amrullah, Jumat (26/6).

 

Ketua NU Care-LAZISNU Jatim tersebut menjelaskan selama pandemi Covid-19 tidak ada yang menyentuh dan menyapa mereka. Hal yang sama juga berlaku kepada para lanjut usia atau Lansia. 

 

“Selama ini kami melihat kaum difabel belum pernah disentuh selama pandemi Covid-19,” jelas dosen Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya tersebut.

 

Oleh karena itu, Afif berharap bantuan dapat meringankan beban ekonomi kaum disabilitas selama pandemi Covid-19. Dan pada saat yang sama, akan semakin banyak pihak yang memberikan perhatian agar kalangan ini turut merasakan bahagia saat terimbas Covid-19.

 

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi mereka yang selalu di rumah selama pandemi. Bantuan ini yang kedua untuk difabel dan lansia,” imbuh Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur tersebut.

 

Sementara salah seorang penyandang disabilitas, Isnawati merasa senang dengan bantuan dari relawan NU Care-LAZISNU Jawa Timur. Dirinya mengatakan, bantuan dapat membantu meringankan kebutuhan kaum disabel selama pandemi Covid-19. 

 

“Sangat bermanfaat sekali, terutama untuk kampung saya ini, karena memang di sini banyak sekali kaum disabilitas. Dan bantuan ini amat sangat mereka tunggu,” tegas Isnawati.

 

Dirinya berharap bantuan ini tidak hanya hari ini, akan tetapi terus berlanjut sampai pandemi selesai. Hal tersebut demi memastikan kalangan yang kurang memiliki kelengkapan fisik dan mental bisa tertolong dengan baik.

 

Afif menambahkan program ini dari NU Care LAZISNU Pusat dan Kitabisa.com, totalnya 200 paket. Selain untuk disabilitas, bantuan juga untuk para dhuafa lansia dan pekerja harian yang selama ini bekerja di sekitar Lembaga Pendidikan Ma’arif NU di Surabaya dan Sidaorjo. 

 

Kontributor: Rof Maulana
Editor: Ibnu Nawawi
 

BNI Mobile