Ketika Kader Ansor-Banser di Subang Sambangi Polsek Tengah Malam

Jajaran pengurus Ansor dan Banser Pusakanegara dan Pusakajaya sambangi Mapolsek (Foto: NU Online/Aiz Luthfi)
Jajaran pengurus Ansor dan Banser Pusakanegara dan Pusakajaya sambangi Mapolsek (Foto: NU Online/Aiz Luthfi)
Jajaran pengurus Ansor dan Banser Pusakanegara dan Pusakajaya sambangi Mapolsek (Foto: NU Online/Aiz Luthfi)

Subang, NU Online
Sekitar pukul 21.00 WIB, Rabu (1/7), sejumlah kader Ansor Banser Kecamatan Pusakanegara dan Pusakajaya, Subang, Jawa Barat mendatangi kantor Polsek setempat. Kedatangan mereka membuat kaget para anggota polisi yang sedang berjaga, karena sebelumnya tidak ada surat pemberitahuan yang masuk. 

 

"Ada apa ini? saudara-saudara siapa dan dari mana?," tanya Kapolsek Pusakanegara, Komisaris Polisi (Kompol) Hidayat kepada rombongan yang dipimpin Ketua Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pusakajaya, Azmat Maula.

 

"Perkenalkan, kami dari keluarga besar Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Pusakajaya dan Pusakanagara. Kedatangan kami yang pertama niat silaturahim dengan harapan dapat semakin mempererat hubungan antara NU dan Polri di level kecamatan," ucap Azmat Maula

 

Mendengar penjelasan dari Azmat, Kapolsek terlihat masih penasaran karena poin yang disampaikan belum masuk kepada inti dan tujuan utama kedatangan mereka ke kantor polisi.

 

"Yang kedua, kami ingin menyampaikan ucapan 'Selamat Hari Bhayangkara ke-74', kami berdoa semoga Polri semakin jaya dan berkah," ucapnya.

 

"Kami pun menyampaikan ucapan terima kasih atas pengorbanan semua aparat kepolisian yang telah berjuang dalam menjaga keamanan dan berjuang bersama masyarakat dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir," tambah Azmat yang juga Ketua Mahasiswa Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyyah (Matan) Subang itu.

 

Setelah mendengar pemaparan dari Azmat, Kompol Hidayat menghela nafas lega dan terlihat tenang karena sudah mengetahui ternyata kedatangan mereka bukan untuk melakukan sebuah aksi atau melaporkan suatu kejadian, melainkan untuk mengucapkan hari lahirnya Kepolisian Republik Indonesia.

 

"Sebetulnya saya kaget dengan kedatangan saudara-saudara karena saya baru saja istirahat setelah seharian beraktivitas yang cukup melelahkan. Saya kira ada demo, apalagi kedatangan saudara tidak melalui koordinasi dulu dengan anggota, tapi saya sangat bersyukur dan terima kasih atas kedatangan saudara semua," jawab Kompol Hidayat. 

 

Kompol Hidayat menjelaskan bahwa jabatan Kapolsek yang diembannya terhitung belum lama, baru sekitar enam bulan yang lalu ia ditugaskan memimpin keamanan di wilayah hukum Kecamatan Pusakanegara dan Pusakajaya.

 

"Saya belum sempat bersilaturrahim dengan berbagai tokoh masyarakat, tokoh adat, ormas dan lainnya, karena keburu disibukkan dengan kegiatan penjagaan Natal dan Tahun Baru, kemudian Pandemi Covid 19, jadi mohon maaf dan terima kasih," ucapnya.

 

Usai berbincang dan bercengkrama seputar isu terkini dan keamanan di wilayah hukum Pusakanegara dan Pusakajaya, rombongan GP Ansor pun pamitan dan kembali ke tempat masing-masing.

 

Kontributor: Aiz Luthfi
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile