Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Banser Ketapang Kalbar Turun Gunung Perbaiki Sejumlah Mushala

Banser Ketapang Kalbar Turun Gunung Perbaiki Sejumlah Mushala
Sejumlah Banser tampak sedang memperbaiki gapura surau di Ketapang, Kalbar. (Foto: NU Online/Siti Maulida)
Sejumlah Banser tampak sedang memperbaiki gapura surau di Ketapang, Kalbar. (Foto: NU Online/Siti Maulida)

Ketapang, NU Online
Kaum Muslimin memiliki banyak sekali tempat ibadah. Dari mulai masjid, mushala atau surau yang dengan sangat mudah ditemui di beberapa lokasi di Tanah Air. Besarnya jumlah tersebut hendaknya juga diimbangi dengan perawatan yang memadai.

 

Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar) mengadakan bakti sosial yang sasarannya adalah rumah ibadah terkhusus mushala atau surau. Kegiatan ini dipusatkan di Surau Darul Huda yang berada di di jalan Lingkar Kota, Kelurahan Sukaharja, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Senin (6/7)

 

Menurut Mex Namara yang merupakan Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Ketapang, kegiatan sosial ini dilaksanakan dalam upaya membentuk dan pengembangan generasi Nahdlatul Ulama (NU). Karena mereka merupakan kader bangsa yang cerdas dan tangguh, yang harus ditunjukkan dengan kepedulian sosial nyata kepada lingkungannya.

 

“Kegiatan sosial ini sebagai upaya membentuk kader Banser NU agar cerdas, tangguh dan peka serta perduli terhadap lingkungan,” tuturnya. 

 

Sedangkan kegiatan aksi sosial yang dilaksanakan di Surau Darul Huda adalah berupa pengecatan, penebasan dan pembersihan halaman, kemudian pengadaan gapura sederhana di jalan masuk menuju surau.

 

Lebih lanjut Namara mengatakan, bakti sosial berjalan lancar dan sekses dengan dibantu beberapa jamaah surau. Adapun sumber dana menurut pria ini, berasal dari patungan sesama anggota Banser dan Ansor. Dari dana yang terkumpul itu, kemudian dibelanjakan untuk membeli cat dan pengadaan bahan pembuatan gapura.

 

“Alhamdulillah kita terbantu juga dengan adanya para jamaah surau sehingga semuanya berjalan lancar. Mereka sangat semangat melaksanakan bakti sosial ini tidak ada rasa lelah yang terasa,” ungkapnya.

 

Menurutnya, program ini terus akan berlanjut dan menjadi agenda rutin Banser Ketapang, dan untuk yang akan datang akan berpindah ke tempat rumah ibadah lain. 

 

“Insyaallah sasaran kami tidak hanya merenovasi rumah ibadah, tetapi selama ini kami juga turut serta membantu warga yang ditimpa musibah, terutama sesama anggota Banser. Selama kita bergerak bersama, insyaallah semua terasa ringan,” tutup Namara.

 

Kontributor: Siti Maulida
Editor: Ibnu Nawawi
 

BNI Mobile