Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Polda Kalteng Terima Ajakan Ansor Berantas Narkoba 

Polda Kalteng Terima Ajakan Ansor Berantas Narkoba 
PW GP Ansor audiensi dengan Direktur Narkoba Polda Kalteng (Foto: Dok Ansor Kalteng)
PW GP Ansor audiensi dengan Direktur Narkoba Polda Kalteng (Foto: Dok Ansor Kalteng)

Palangka Raya, NU Online

Direktur Reserse Narkoba Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), Kombespol Bony Djianto menyatakan apresiasi dan menerima ajakan badan otonom (Banom) kepemudaan Nahdlatul Ulama (NU) dengan tangan terbuka. 

 

"Kami sangat mengapresiasi dan menyambut positif teman-teman GP Ansor yang sudah mau mengambil bagian dalam perang terhadap Narkoba," tuturnya.

 

Hal itu disampaikan kepada Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kalteng saat beraudiensi dengan dirinya di markas Polda Kalteng Jalan Cilik Riwut, Palangka Raya, Senin (6/7).

 

Dikatakan, Bony mengaku bahwa para pemuda NU tidak asing baginya. Sebab, semasa ia bertugas di Jawa Timur juga akrab dengan kalangan nahdliyin (warga NU).

 

"Saya sebenarnya tidak asing lagi dengan warga NU. Sebelum bertugas di Polda Kalteng, saya bertugas di Jawa Timur yang di sana basisnya NU. Yang saya nilai salah satu tegaknya bangsa Indonesia ini adalah Karena NU, karena orang NU itu gampang diajak bicara, NU masih bisa menerima situasi apapun di negara ini," ucapnya.

 

Dikatakan, selain membahayakan kesehatan, dampak penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya (Narkoba) juga menyerang sendi perekonomian dan keluarga. Umumnya, kehidupan dan kesehatan pecandu narkoba meresahkan keluarganya dan lingkungan sekitarnya. 

 

Ketua PW GP Ansor Kalimantan Tengah Elly Saputra menjelaskan, tren meningkatnya penyalahgunaan narkoba harus kita sikapi, terlebih diiringi dengan penyimpangan perilaku sosial dan etika generasi muda.

 

"Penyalahgunaan narkoba ini dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari," katanya.

 

Di hadapan para polisi yang khusus menangani narkoba, Elly mengatakan Badan Ansor Anti-Narkoba (Baanar) Kalteng peduli dengan generasi muda yang terpapar Narkoba. 

 

"Untuk menyelamatkan anak bangsa, PW GP Ansor Kalteng dan Baanar siap dan berkomitmen bersinergi dengan Ditserse Narkoba Polda Kalteng, memberantas peredaran narkoba di Kalimantan Tengah," tegasnya.

 

Untuk eksistensi pemuda Kalteng lanjutnya, Ansor Kalteng siap menginstruksikan agar jajaran pengurus Ansor kabupaten/kota kompak bersama melawan penyalahgunaan narkoba. 

 

"Kami siap membantu dan bersinergi dengan Ditserse Narkoba Polda untuk memberantas peredaran Narkoba di Kalimantan Tengah. Kita akan perintahkan PC-PC kita yang ada di daerah untuk siap bersinergi dengan kepolisian di daerahnya agar turut memerangi narkoba," imbuhnya.

 

Terkait praktik di lapangan, Elly tak mempersoalkan bentuk kerja sama kegiatan, baik sosialisasi maupun pembinaan bagi korban candu narkoba. "Kita siap melawan narkoba," ulangnya.

 

Ketua Baanar Kalteng Misran Haris menyatakan diri siap bersinergi dengan aparat kepolisian di Polda Kalteng, baik itu bidang pencegahan atau sosialisasi bahaya narkoba maupun pembinaan korban narkoba.

 

"Kami siap bersinergi dalam memerangi narkoba. Nanti kita bisa berkoordinasi lebih lanjut dengan kepolisian tentang apa saja nanti program-program yang bisa disinergikan dalam membantu pemerintah melawan narkoba," tuturnya.


Kontributor: Ahmad Rifqi Hidayat
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile