Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Banser Jombang Ini Jualan Pentol Nusantara sembari Kampanyekan Literasi

Banser Jombang Ini Jualan Pentol Nusantara sembari Kampanyekan Literasi
Sahabat Lutfan Efendi (Berseragam Banser) saat didaulat menjadi anggota kehormatan Perpustakaan Mastrip Kabupaten Jombang. (Foto: Istimewa)
Sahabat Lutfan Efendi (Berseragam Banser) saat didaulat menjadi anggota kehormatan Perpustakaan Mastrip Kabupaten Jombang. (Foto: Istimewa)

Jombang, NU Online
Salah satu kader Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Lutfan Efendi cukup inspiratif dalam melakoni pekerjaannya sebagai pedagang pentol keliling. Disebut inspiratif karena ia berjualan sembari membawa sejumlah buku yang bisa dibaca oleh pembeli secara gratis.


Buku-buku tersebut diletakkan di samping gerobak pentol yang diberi nama Pentol Nusantara dan dibawa setiap hendak berjualan. Ia setiap hari menyusuri tempat-tempat keramaian dengan menggunakan sepeda motor sederhana miliknya.


"Ini adalah ikhtiar saya untuk mendorong anak-anak pada umumnya supaya giat membaca di saat mereka harus banyak di rumah seperti sekarang," katanya kepada NU Online, Rabu (8/7).


Kegiatan semacam ini dilaluinya sudah hampir satu bulan hingga sekarang. Alasannya berjualan sembari menyediakan buku ini pertama-tama terbersit karena seringkali melihat anak-anak justru lebih banyak bermain daripada membaca di tengah pandemi Covid-19.


Harusnya, kata dia, saat sejumlah lembaga pendidikan memutuskan agar proses pembelajaran tidak lagi dilakukan di sekolah atau madrasah, para siswa-siswinya hendaknya lebih giat membaca materi-materi pelajarannya di rumah, bukan justru dibuat bermain.


"Saya kerap kali melihat anak-anak lebih banyak bermain dibandingkan membaca buku-buku pelajarannya. Dari itu saya punya inisiatif jualan sambil menyediakan buku kepada pembeli yang kebetulan lebih banyak anak-anak yang beli," jelasnya.


Ide itu kemudian diwujudkannya. Tak dinyana respons masyarakat sangat positif dan mendukungnya agar dilakukan secara istikamah. Banyak anak-anak yang ternyata saat membeli ingin melihat dan membaca buku-buku yang dibawanya.


"Bahkan ada yang sampai pinjam beberapa hari untuk dibaca di rumah, lalu dikembalikan dalam waktu yang sudah disepakati," ungkapnya.


Ditanya soal efisiensi penjualannya, ia mengaku punya strategi sendiri. Setiap kali ada pembeli yang hendak pinjam buku di tempat di mana ia jualan, ia memberikan waktu sekitar 5 hingga 15 menit kepada pembeli.


"Saya justru senang dan tidak mempengaruhi terhadap hasil penjualan saya saat dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya. Alhamdulillah," terang pria yang akrab disapa Lutfan ini.


Dalam perjalanannya banyak pihak yang memberikan apresiasi kepada Lutfan. Di samping kader-kader Ansor dan Banser sendiri, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jombang juga menyambut baik. Pihak dinas terkait memberikan penghargaan dengan menjadikannya sebagai anggota kehormatan Perpustakaan Mastrip Jombang.


Ia juga diberikan keleluasaan untuk meminjam buku di Perpustakaan Mastrip Jombang untuk kemudian dibawa saat berjualan. Tentu hal ini semakin membuat Lutfan senang lantaran memiliki stok buku yang beragam untuk dipersembahkan kepada pembelinya.


Sementara itu Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto menyambut baik atas kreativitas Lutfan. Menurutnya, Lutfan adalah kader Banser yang mampu menggugah dan menggerakkan semangat literasi anak-anak di tengah pandemi Covid-19


"Karena itu alhamdulillah sahabat Lutfan diapresiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jombang atas ide mulianya itu supaya anak-anak di tengah pandemi Covid-19 tetap tidak lupa dengan tugasnya, yakni belajar," tuturnya.


Pewarta: Syamsul Arifin
Editor: Muhammad Faizin

BNI Mobile