Fatayat NU Lamongan Kembali Serahkan Bantuan Pompa Air Bersih

Fatayat NU Lamongan Kembali Serahkan Bantuan Pompa Air Bersih
Serah terima pengeboran sumber air bersih kerja sama PC Fatayat NU dan Bank BTPN Syariah Lamongan. (Foto: NU Online/Ibnu Nawawi)
Serah terima pengeboran sumber air bersih kerja sama PC Fatayat NU dan Bank BTPN Syariah Lamongan. (Foto: NU Online/Ibnu Nawawi)

Lamongan, NU Online
Air bersih menjadi kebutuhan utama bagi manusia. Karena dengan air yang memadai, dapat memenuhi keperluan ibadah dan harian. Bisa dibayangkan bila untuk keperluan ini saja, ternyata warga mengalami kesulitan.

 

Keadaan tersebut terjadi di sejumlah kawasan di Tanah Air, termasuk di Lamongan, Jawa Timur. Warga Desa Margomulyo, Kecamatan Glagah harus menghadapi kenyataan akan sulitnya mendapatkan air bersih. Keluhan yang lama dialami, sedikit demi sedikit telah terurai.

 

Sebagai upaya nyata, Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Lamongan menggandeng Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah pada Kamis (9/7) melakukan serah terima dan peresmian pompa pengeboran sumber air bersih. Kegiatan yang dipusatkan di Desa Margomulyo Kecamatan Glagah tersebut merupakan aksi sosial kali ketiga.

 

“Alhamdulillah kerja sama ini disambut suka cita oleh masyarakat sekitar,” kata Siti Suwaibatul Aslamiyah. 

 

Disampaikan Ketua PC Fatayat NU Lamongan tersebut bahwa selama ini masyarakat Desa Margomulyo mengeluhkan kondisi warga yang sulit mendapatkan sumber air bersih.

 

“Kalaupun ada, air di desa tersebut berasa asin dan dan sumbernya sulit, walaupun sebetulnya di sekitar desa adalah tambak,” ungkapnya. 

 

Dengan melihat kondisi itu, BTPN Syariah bersama Fatayat NU memutuskan menentukan titik lokasi pengeboran sumber air bersih di Desa Margomulyo. Besar harapan keberadaan sumber dapat meringankan beban masyarakat sekitar terkait air bersih. Dan lewat kerja keras, akhirnya kegiatan membuahkan hasil. 

 

Atas kesuksesan pengeboran tersebut, Hafid selaku Kepala Desa Margomulyo mengucapkan terima kasih. Karena keluhan terkait ketersediaan air bersih memang belum ditemukan solusi yang memadai. Berbagai ikhtiar telah dilakukan dan kemudian menemukan titik terang.

 

“Secara khusus kami sampaikan terima kasih kepada Fatayat NU dan BTPN Syariah, harapannya masyarakat sekitar bisa memanfaatkan bantuan dengan baik dan bisa ikut memelihara fasilitas air bersih,” katanya saat memberikan sambutan.

 

Demikian juga ucapan yang sama disampaikan Abdul Kholid. Kepada media ini, Kepala Dusun Margomulyo tersebut sangat senang dan bahagia dengan adanya bantuan sumber air bersih yang ada. Juga berharap ke depan akan ada bantuan lain yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

 

Sejumlah warga terlihat sangat riang dengan upacara serah terima tersebut. Penduduk Desa Margomulyo sangat senang dan bahagia dengan adanya bantuan sumber air bersih ini. Kesulitan yang selama ini dialami, sudah tidak dirasakan.

 

Acara peresmian dan serah terima dihadiri kepala desa setempat, kepala dusun, pimpinan dari Bank BTPN Syariah, PC Fatayat NU dan juga perwakilan dari Pimpinan Ranting Fatayat NU Lamongan.

 

Kontributor: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR

BNI Mobile