Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Sejumlah Pesantren di Sampang Terima Paket Sembako dari LAZISNU

Sejumlah Pesantren di Sampang Terima Paket Sembako dari LAZISNU
Perwakilan santri dari pesantren di Sampang menerima secara simbolis paket Sembako LAZISNU. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
Perwakilan santri dari pesantren di Sampang menerima secara simbolis paket Sembako LAZISNU. (Foto: NU Online/Rof Maulana)

Sampang, NU Online

Sejumlah pesantren telah menerima kembali para santri. Meski di tengah pandemi Covid-19, mereka harus mengikuti proses belajar mengajar dengan memperhatikan protokol kesehatan. Dan sebagai bentuk dukungan kepada aktivitas santri, Pengurus Cabang (PC) NU Care Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) di Sampang, Jawa Timur membagikan paket sembian bahan pokok atau Sembako. 

 

NU Care LAZISNU Sampang berikhtiar tidak ada santri yang gagal kembali ke pesantren karena tidak ada biaya atau tidak ada bekal. “Ya, banyak wali santri yang terdampak Covid-19 secara ekonomi, sehingga belum mampu atau masih kekurangan. Karenanya kami bantu dengan paket sembako,” kata Zainuddin Ketua NU Care LAZISNU Sampang saat membagikan sembako kepada santri, Selasa (21/7).

 

Untuk mendukung itu, Zainuddin mengaku telah ada gerakan sedekah bagi santri dluafa dan yatim. Sementara ini,  gerakan difokuskan untuk tiga pesantren, yakni Pondok Pesantren Al-Falah Bancelok, Jrengik, Pondok Pesantren Darul Ulum, Gersempal, Omben dan Pondok Pesantren Assa’idiyyah, Sampang.

 

Pria yang juga anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Sampang ini mengatakan acara sebagai bentuk kepedulian terhadap warga kurang mampu. Selain itu, sebagai ajang memperkuat silaturahim dan tentu saja membantu mereka terus belajar.

 

“Kebutuhan santri yang kami salurkan pada tahap ketiga ini berupa beras 5 kwintal, minyak goreng 750 kilogram, gula 100 kilogram, mi instan 5 dos, ikan kaleng 5 paket dan kerudung 3 sebanyak kodi,” jelas Zainuddin. 

 

Dirinya menambahkan, bantuan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan beras dan lauk santri yatim dan dhuafa. “Harapan kami dengan adanya bantuan ini, kebutuhan pangan para santri bisa terpenuhi,” harapnya.

 

Khodijah, seorang santri putri Pondok Pesantren Assa’idiyyah, Sampang sangat senang ketika menerima paket sembako dari LAZISNU Sampang. Kebahagian itu ia tunjukan dengan tingkah kegirangan. 


“Alhamdulillah senang sekali bisa mendapatkan bantuan dari LAZISNU Sampang. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi saya yang kurang mampu secara ekonomi,” kata Khodijah. 

 

Kontributor: Rof Maulana
Editor: Ibnu Nawawi
 

BNI Mobile