Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Covid-19 Belum Mereda, NU Pringsewu Ingatkan Kedisiplinan dan Kebersamaan

Covid-19 Belum Mereda, NU Pringsewu Ingatkan Kedisiplinan dan Kebersamaan
Konferensi pers terkait penambahan positif Covid-19 di Kabupaten Pringsewu, Lampung, Jumat (24/7). (Foto: Istimewa)
Konferensi pers terkait penambahan positif Covid-19 di Kabupaten Pringsewu, Lampung, Jumat (24/7). (Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online
Seiring dengan bertambahnya dua pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pringsewu, Lampung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat mengajak kepada masyarakat untuk tidak kendor dalam menegakkan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19.


Kebijakan new normal (tatanan baru) bukan berarti bebas dalam beraktivitas. Namun tatanan baru adalah beraktivitas dalam situasi pandemi dengan cara baru yakni menerapkan protokol kesehatan di antaranya mengenakan masker, menjaga kebersihan tangan, dan jaga jarak.


"Sekarang di Pringsewu sudah bertambah lagi dua orang positif Covid-19. Jadi semuanya ada empat. Dua sembuh, dua dalam perawatan. Ini harusnya menjadi peringatan pada kita bahwa masih ada ancaman virus Corona di sekitar kita," kata Wakil Ketua PCNU Pringsewu yang juga Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 H Agil Marsudi, Jumat (24/7).


Ndan Marsudi, sapaan karibnya mengungkapkan bahwa saat ini masyarakat sudah banyak yang mulai tidak mengindahkan protokol kesehatan. Aktivitas massa dalam jumlah banyak sering terlihat tidak menggunakan protokol kesehatan. Hal ini tentu sangat berisiko.


"Menjaga diri sama saja menjaga orang lain dari terpapar virus Corona. Jadi ayo, kedisiplinan protokol kesehatan kembali diterapkan. Saat ini era new normal, belum normal," ajaknya.

 

Ajakan serupa juga disampaikan Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Pringsewu, dr. Nofly Yurni saat konferensi pers terkait dengan penambahan dua pasien positif Corona ini. Ia mengingatkan bahwa disiplin protokol kesehatan merupakan tanggung jawab bersama.


"Kita bertanggungjawab untuk menekan angka penularan ini. Jangan di era new normal diartikan kembali seperti semula. Ini yang memberikan kesempatan kepada virus ini terus berkembang dan terus menular pada orang lain," katanya.


Dua Tambahan Positif Covid
Dalam kesempatan tersebut Nofly menjelaskan kondisi terbaru Covid-19 di Kabupaten Pringsewu. Terdapat dua kasus baru positif yakni pasien 03 dari Kecamatan Gadingrejo dan pasien 04 dari Kecamatan Pagelaran Utara.


Pasien 03, perempuan (34 tahun), terkonfirmasi positif setelah melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi di Kabupaten Pesawaran. Ia tidak ada riwayat perjalanan dari daerah terjangkit dan sampai saat ini tidak ada keluhan. Yang bersangkutan saat ini melakukan isolasi mandiri di rumahnya.


Sementara pasien 04, laki-laki (27 tahun) dari Desa Fajarmulya Pagelaran Utara merupakan warga Pringsewu yang bekerja di Kalimantan. Sering melakukan perjalanan ke Tegal, Jawa Tengah karena istrinya dari daerah tersebut. Saat hendak pulang ke Pringsewu dari Tegal, ia mampir ke tempat saudaranya di Bekasi dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Lampung.


"Pada 16 Juli ia melakukan rapid test karena akan kembali ke Kalimantan. Hasil tes rapid-nya dinyatakan reaktif. Selanjutnya pada 20-21 Juli 2020 dilakukan pengambilan swab 1 dan swab 2, kemudian pada Rabu (22 Juli 2020) hasil laboratorium terkonfirmasi positif Covid-19," jelasnya.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin

BNI Mobile