Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Penghuni Rumah Tahanan di Gresik Terima Hewan Kurban dari LAZISNU

Penghuni Rumah Tahanan di Gresik Terima Hewan Kurban dari LAZISNU
Kambing kurban dari NU care-LAZISNU diberikan kepada penghuni rumah tanahan di Gresik. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
Kambing kurban dari NU care-LAZISNU diberikan kepada penghuni rumah tanahan di Gresik. (Foto: NU Online/Rof Maulana)

Gresik, NU Online

Pelaksanaan Idul Adha di tengah masa pandemi Covid-19 ini, sangat berbeda. Meski begitu, Unit Pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah (UPZIS) NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Gresik, Jawa Timur tetap bergerak. Yang dilakukan adalah menjadi penyalur donasi para aghnia atau orang kaya nan peduli kepada kalangan berhak. 

 

Untuk menjalankan amanah itu, NU Care-LAZISNU setempat terus melakukan sosialisasi dan pendataan penerima daging kurban. Semua dibagikan kepada masyarakat, tidak terkecuali penghuni rumah tanahan atau Rutan di kawasan setempat. 

 

“Mereka yang mendekam di rutan adalah saudara kita, sudah sepatutnya kita juga memberikan manfaat kepada mereka,” kata kata H Musoffa Aziz, Jumat (31/7).

 

Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Gresik tersebut mengatakan bahwa momentum hari raya Idul Adha 1441 H ini untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Kesempatan juga baik untuk saling memperkokoh persaudaraan dengan semua kalangan, termasuk mereka yang sedang mendapat ujian di dunia.

 

“Kami sangat lega karena tahun ini bisa menyambungkan dua hewan kurban berupa kambing ke keluarga penghuni Rutan. Kami hanya menyalurkan apa yang telah disedekahkan para aghniya melalui LAZISNU,” kata Musoffa Aziz.

 

Tema solidaritas tanpa batas, memotivasi NU Care-LAZISNU Kabupaten Gresik mendistribusikan dua kambing untuk para penghuni Rutan. “Bagaimana pun mereka adalah saudara kita yang sedang menjalankan hukuman,” jelasnya.

 

Melalui ketua panitia kurban Rutan IIIb Banjarsari Gresik, dua ekor kambing diantarkan langsung oleh Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Gresik. Tampak mendampingi, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik, Syifaul Qulub dan menyerahkan secara langsung hewan dimaksud.

 

Aan Haryono, Ketua panitia kurban Rutan IIIb Gresik mengaku sangat senang dengan aksi sosial dari NU Care-LAZISNU Gresik. Dirinya juga menyampaikan bantuan tersebut kepada warga Rutan. 

 

“Alhamdulillah bantuan dua kambing ini akan kami distribusikan kepada warga Rutan. Ini menunjukkan ada gerakan kepedulian dari NU untuk kami,” terangnya. 

 

Kontributor: Rof Maulana
Editor: Ibnu Nawawi
 

BNI Mobile