Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Meski Corona, LAZISNU Lumajang Terima Hewan Kurban Lebihi Target

Meski Corona, LAZISNU Lumajang Terima Hewan Kurban Lebihi Target
Petugas dari LAZISNU Lumajang, Jawa Timur tengah menuntun kambing hasil kurban dari masyarakat. (Foto: NU Online/Aryudi AR)
Petugas dari LAZISNU Lumajang, Jawa Timur tengah menuntun kambing hasil kurban dari masyarakat. (Foto: NU Online/Aryudi AR)

Lumajang, NU Online
Terjangan virus  Corona  yang membawa dampak ekonomi cukup parah di negeri ini, ternyata tak mengurangi minat masyarakat untuk berkurban, khususnya di Lumajang, Jawa Timur. Data yang dirilis Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infaq, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Lumajang, menyebutkan bahwa kurban yang diterima dalam momentum Idul Adha tahun ini, melebihi target, yaitu di atas 65 persen.


“Perkiraan kami karena ini musim Corona, paling banter kurban hanya sekitar 50 persen yang bisa kami dapat. Tapi ternyata lebih dari itu,” ujar Ketua PC LAZISNU Lumajang, H Khoirudin di Kantor PCNU Lumajang, Senin (10/8).


Menurut H Khoirudin, pihaknya sudah merekapitulasi perolehan hewan kurban baik melalui LAZISNU, Unit Pengelola Zakat Infak Sedekah (UPZIS) maupun  Jaringan Pengelola Zakat Infaq Sedekah (JPZIS). Total mencapai  119 sapi, 371 kambing domba, dan 29 kambing gibas, atau senilai Rp2.865.300.000. Selain itu, LAZISNU Lumajang juga memperoleh dua ekor kambing gibas dari Pengurus Wilayah (PW) LAZISNU Jawa Timur.


Alhamdulillah, semakin banyak orang yang berkurban, semakin banyak manfaat yang diterima masyarakat,” tuturnya.


H Khoirudin menyatakan bersyukur  dengan perolehan hewan kurban yang melebihi target tersebut. Itu menandakan masyarakat menaruh kepercayaan besar kepada LAZISNU  sebagai lembaga zakat yang amanah dan profesional. Salah satu ukuran profesional adalah transparan dalam penerimaan hewan kurban dan penyalurannya.


Insyaallah kami akan terus berproses untuk menjadi lembaga zakat yang semakin profesional. Sehingga tidak hanya dalam momentum Idul Adha, dalam masalah zakat pun kami juga akan menjaga kepercayaan masyarakat,” urainya.


Ia menambahkan, semua hewan kurban yang diterimanya telah dipotong dan diberikan kepada yang berhak. Selain itu, paket kurban  menggunakan bungkus non plastik sesuai dengan anjuran Pengurus Pusat LAZISNU guna mengurangi  polusi tanah.


“Kami menggunakan besek, yaitu anyaman bambu berbentuk kotak untuk tempat daging,” lanjutnya.


Sementara itu, Wakil Ketua PCNU Lumajang yang juga koordinator bidang LAZISNU, Achmad Salakhuddin memberikan apresiasi atas kinerja PC LAZISNU, khususnya dalam momentum Idul Adha 1441 Hijriyah. Menurutnya, kekompakan antar pengurus dari semua tingkatan merupakan kunci penting untuk suksesnya kerja-kerja sosial LAZISNU.


“Yang pertama, jaga kepercayaan masyarakat. Kedua, jaga kekompakan antar pengurus,” katanya.


Pewarta: Aryudi AR
Editor: Abdul Muiz

 

BNI Mobile