Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Perkuat Pemahaman Aswaja An-Nahdliyah, Ansor Padang Pariaman Gelar Konsolidasi

Perkuat Pemahaman Aswaja An-Nahdliyah, Ansor Padang Pariaman Gelar Konsolidasi
Kegiatan Rakercab Ansor Paang Pariaman perkuat nilai-nilai Islam Aswaja An-Nahdliyah (Foto: NU Online/Armaidi Tanjung)
Kegiatan Rakercab Ansor Paang Pariaman perkuat nilai-nilai Islam Aswaja An-Nahdliyah (Foto: NU Online/Armaidi Tanjung)

Padang Pariaman, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat terus lakukan penguatan pemahaman nilai-nilai Islam Ahlussunnah Waljamaah (Aswaja) An-Nahdliyah dengan menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab).

 

Kegiatan Rakercab pertama sejak keluarnya pengesahan kepengurusannya dari Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor beberapa waktu lalu berlangsung Senin (10/8) malam di Lubuk Alung.

 

Ketua PC GP Ansor Padang Pariaman Alva Anwar mengatakan, walaupun dalam suasana yang masih pandemi Covid-19 Rakercab tetap dilaksanakan dengan berpedoman kepada protokol kesehatan.

 

"Karena Rakercab kebutuhan organisasi untuk konsolidasi dan perencanaan program, maka harus tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

 

Dijelaskan, rakercab berhasil membuat beberapa keputusan terutama penguatan terhadap nilai-nilai Aswaja. "Rapat kerja memutuskan beberapa agenda Ansor Padang Pariaman dalam memperkuat konsolidasi organisasi dan penguatan pemahaman nilai-nilai Islam Aswaja An-Nahdliyah," ungkapnya. 

 

Disampaikan, di tengah era digitalisasi dan informasi saat ini, peningkatan pemahaman nilai-nilai Islam Aswaja An-Nahdliyah sangatlah penting. Jangan sampai kader Ansor tidak memahami nilai-nilai Islam Aswaja An-Nahdliyah yang sudah dirumuskan oleh NU.

 

"Prioritas utama yang dilakukan Ansor Padang Pariaman adalah pengkaderan melalui Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dengan merekrut generasi muda Padang Pariaman," ucapnya. 

 

Saat ini lanjutnya, sudah banyak pemuda yang menyatakan siap bergabung dengan Ansor dan menanyakan kapan diadakan PKD. Karena mereka ingin mengetahui dan bergabung dengan Ansor secepatnya.

 

"Mudah-mudahan pada kepengurusan terdahulu sudah terbentuk Pimpinan Anak Cabang (PAC) di tingkat kecamatan. Maka pada kepengurusan PC GP Ansor masa khidmat 2019-2023 ini terbentuk ranting-ranting di nagari," harapnya. 

 

"Sehingga penguatan nilai-nilai Islam Aswaja An-Nahdliyah melalui Ansor di kalangan generasi muda Padang Pariaman bisa terwujud," sambung Alva alumni Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh Burhanuddin Pariaman ini.

 

Ketua Dewan Penasehat Ansor Padang Pariaman Zeki Aliwardana menyambut baik pelaksanaan Rapat Kerja Ansor Padang Pariaman. "Meski dalam suasana Covid-19, kader Ansor tidak boleh diam. Lakukan berbagai kegiatan yang menyentuh kader Ansor dan masyarakat," kata Zeki Aliwardana. 

 

Kontributor: Armaidi Tanjung    
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile