Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

PBNU-Uzbekistan Jajaki Kerja Sama di Bidang Budaya dan Pendidikan

PBNU-Uzbekistan Jajaki Kerja Sama di Bidang Budaya dan Pendidikan
Kantor PBNU di Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat. (Foto: NU Online/Muchlishon)
Kantor PBNU di Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat. (Foto: NU Online/Muchlishon)

Jakarta, NU Online

Duta Besar Uzbekistan untuk Indonesia, Ulugbek Rozukulov mengunjungi Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jalan Kramat Raya Jakarta Pusat, Senin lalu. Kehadiran perwakilan negara Asia Tengah tersebut dalam rangka silaturahim sekaligus menjajaki kerjasama di bidang  pendidikan dan kebudayaan. 


Kunjungan Dubes Uzbekistan diterima langsung Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj beserta jajaran pengurus harian. Dalam kesempatan tersebut Kiai Said merespons positif rencana kerja sama antara PBNU dan Uzbekistan itu.


Duta Besar Uzbekistan untuk Indonesia Ulugbek Rozukulov menuturkan, Uzbekistan dan Indonesia memiliki kesamaan budaya. Penduduknya pun sama-sama mayoritas muslim. Atas dasar itu kerja sama antara PBNU dan Uzbekistan bisa dilakukan dengan baik. 


“Jumlah umat Islam di Indonesia sangat tinggi dan mayoritas begitu juga dengan negara kami, kami bisa menjalin kerjasama,” kata Ulugbek seusai melakukan pertemuan dengan Kiai Said. 


Nantinya, kerja sama di bidang pendidikan tersebut meliputi pertukaran pelajar, pertukaran dosen serta pertukaran kebudayaan Islam. Sementara di bidang kebudayaan lebih menekankan aspek exchange program, visiting scholar, dan konferensi.


Apalagi kata dia kini jalur penerbangan ke Uzbekistan dari Indonesia bisa dilalui dengan mudah sebab rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Tashkent, ibukota Uzbekistan sudah dibuka. Bahkan pembukaan rute penerbangan Jakarta-Tashkent dibuka dua kali dalam sepekan


“Sebelumnya rute penerbangan harus singgah di Kuala Lumpur Malaysia, kini bisa langsung ke Tashkent dari Jakarta sehingga bisa lebih cepat,” tuturnya. 


Pewarta: Abdul Rahman Ahdori

Editor: Fathoni Ahmad

BNI Mobile