Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Warga Sambut Gembira Baksos Pengobatan Gratis NU Jateng-Rabithah Alawiyah

Warga Sambut Gembira Baksos Pengobatan Gratis NU Jateng-Rabithah Alawiyah
Pengobatan gratis kerja sama NU dan Rabithah Alawiyah di Kabupaten Purbalingga, Jateng (Dok: Rabithah Alawihah)
Pengobatan gratis kerja sama NU dan Rabithah Alawiyah di Kabupaten Purbalingga, Jateng (Dok: Rabithah Alawihah)

Semarang, NU Online

Rintisan  kerja sama Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah dengan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Robithoh Alawiyah mulai ditindaklanjuti dua organisasi yang membentengi akidah ahlussunnah waljamaah ini di daerah-daerah.

 

Sekretaris PWNU Jawa Tengah H Hudallah Ridwan Naim mengatakan, dengan direalisasikannya kegiatan bersama antara nahdliyin dengan para habaib di daerah memiliki makna strategis yang tinggi bahwa antara NU dengan para dzuriyah nabi tidak ada pertentangan, keduanya saling menyayangi dan menghormati.

 

"Untuk kegiatan di daerah kami fokuskan pada aktivitas yang riil dan menyentuh kepentingan masyarakat secara langsung yakni bakti sosial pengobatan gratis seperti yang dilaksanakan di Kabupaten Purbalingga pekan lalu," kata Gus Huda di Semarang Kamis (13/8).

 

Disampaikan, PCNU Purbalingga bersama pengurus Rabithah Alawiyah se-Wilayah  eks Karesidenan Banyumas Ahad (9/8) lalu menggelar kegiatan bakti sosial pengobatan medis, cek kesehatan, dan ruqyah gratis yang diikuti 350 peserta.

 

Kegiatan bakti sosial pengobatan gratis kolaborasi NU dengan Rabithah Alawiyah disambut gembira warga di Kabupaten Purbalingga, Jateng (Foto: Rabithah Alawiyah)

 

"Meski nampak sederhana kerja-keja kongkret memberikan perkhidmatan dan kemaslahatan kepada masyarakat seperti ini memiliki makna yang sangat mendalam," ungkapnya.

 

Ketua DPW Rabithah Alawiyah Jateng/DIY Habib Abu Bakar Al Atas mengatakan, bakti sosial yang diselenggarakan di Masjid Al Fattah Desa Karang Banjar, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga disambut gembira dan mendapat respons yang luar biasa dari masyarakat.

 

"Dalam kegiatan bareng ini para habaib dan Nahdliyin sangat kompak, masyarakat yang mendapat layananpun juga puas. Kami berharap kekompakan ini terus berlanjut dan dapat dijalankan juga di daerah lain," kata habib Abu Bakar.

 

Disampaikan, setelah di Purbalingga direncanakan akan menyusul daerah-daerah  lain. Saat ini lanjutnya, antara PCNU dengan Rabithah Alawiyah di kabupaten/kota di Jateng sedang menyiapkan berbagai program yang bersentuhan dengan masyarakat terutama di saat pandemi Covid-19.

 

"Bersama PWNU Jateng kami tekankan kepada daerah-daerah agar kegiatan yang akan dilaksanakan bersama itu tidak muluk-muluk, tapi kongkrit dan aplikatif," pungkasnya.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile