Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Kota Blitar Fasilitasi Generasi Muda dengan Keterampilan Usaha

NU Kota Blitar Fasilitasi Generasi Muda dengan Keterampilan Usaha
Peninjauan pelatihan sablon yang difasilitasi sejumlah lembaga PCNU Kota Blitar. (Foto: NU Online/Rof Maulana)
Peninjauan pelatihan sablon yang difasilitasi sejumlah lembaga PCNU Kota Blitar. (Foto: NU Online/Rof Maulana)

Blitar, NU Online 

Pandemi Covid-19 tidak lagi menjadi alasan bagi masyarakat untuk malas bekerja, apalagi  mengandalkan bantuan dari pemerintah atau kalangan tertentu. Yang harus dilakukan adalah melengkapi diri dengan keterampilan, apalagi yang dapat diupayakan sebagai sarana menambah pemasukan.

 

Hal itu juga yang dilakukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor se-Kota Blitar, Jawa Timur. Tidak sendiri, melainkan menggandeng NU Care-LAZISNU Kota Blitar bersama Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) memfasilitasi pada generasi muda agar tetap teguh menghadapi ujian pandemi Covid-19. 

 

“Kami ingin memfasilitasi para generasi muda dan beberapa pekerja yang dirumahkan akibat Covid-19. Supaya mereka mempunyai aktivitas yang mampu meningkatkan perekonomian keluarga,” kata Alim Sulaiman, Kamis (13/8).

 

Ketua NU Care-LAZISNU Kota Blitar tersebut mengatakan fasilitas yang diberikan berupa pelatihan sablon selama tiga hari yang diadakan di Sekardangan, Kanigoro Kabupaten Blitar. 

 

“Pelatihan diadakan di Kabupaten Blitar, belajar pada ahlinya karena di Kota Blitar belum ada penyablon yang profesional,” ungkapnya. 

 

Dijelaskan Alim, pelatihan akan berlangsung selama tiga hari. Dimulai dari pagi hingga petang hingga Sabtu (15/8). Pelatihan sablon ini mengarah pada pelatihan sablon kaos, plastik dan kertas. 

 

Untuk mendukung kegiatan ini, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Blitar hadir melihat langsung aktivitas pelatihan. Meski di tengah pandemi Covid-19, sejumlah generasi muda NU tersebut senang menerima materi pelatihan. 

 

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kader-kader muda NU Kota Blitar melalui GP Ansor agar memiliki skill yang bermanfaat untuk kemandirian organisasi,” kata KH Habib Bawafi, Ketua PCNU Kota Blitar. 

 

Kiai Habib melanjutkan dipilihnya keterampilan sablon karena ke depannya dapat dijadikan untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Selain itu untuk pemberdayaan kader dan kemandirian organisasi. 

 

“Setiap kali kita mengadakan acara kebutuhannya adalah spanduk, bendera, backdrop dan sejenisnya,” tegasnya. 

 

Setelah pelatihan ini, NU Care LAZISNU Kota Blitar akan memberikan dukungan berupa pengadaan alat sablon di setiap kecamatan. 

 

“Nanti akan difasilitasi NU Care-LAZISNU setiap kecamatan akan diberikan alat sablon,” pungkasnya. 

 

Kontributor: Rof Maulana
Editor: Ibnu Nawawi
 

BNI Mobile