Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

IPNU-IPPNU Jateng Bakal Luncurkan Program Pendampingan Belajar Mandiri Siswa  

IPNU-IPPNU Jateng Bakal Luncurkan Program Pendampingan Belajar Mandiri Siswa  
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Semarang, NU Online

Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU)-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jawa Tengah akan meluncurkan program pendampingan belajar mandiri untuk para peserta didik tingkat dasar dari keluarga tidak mampu yang tidak bisa mengikuti proses pembelajaran secara  virtual.

 

Ketua PW IPNU Jawa Tengah Syaeful Kamaludin mengatakan, program ini sekarang sedang dimatangkan dan akan disahkan menjadi program kerja prioritas  sekaligus diluncurkan dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil)  bersama IPNU-IPPNU Jateng 26 September 2020 mendatang.

 

"Rancangan program ini bersama program lainnya sudah kami konsultasikan ke PWNU Jateng dan disetujui bahkan didukung penuh," katanya kepada NU Online seusai memimpin audiensi PW IPPNU-IPPNU Jateng dengan PWNU Jateng di Semarang, Senin (24/8).

 

Audiensi pimpinan  banom pelajar NU tingkat wilayah  itu diterima ketua PWNU Jateng Muhammad Muzamil dan Wakil Sekretaris Muhammad Sochib di Sekretariat  PWNU Jateng, Jl Dr  Cipto 180 Semarang.

 

Dikatakan, sejak pandemi Covid 19 proses kegiatan belajar mengajar (KBM) peserta didik ditanah air dilaksanakan secara daring. Kebijakan ini menyulitkan peserta didik terutama yang tidak memiliki alat komunikasi karena keterbatasan para wali murid.

 

"Kalaupun bisa mengikuti terutama bagi yang memiliki kemampuan finansial, belajar secara daring ini tidak maksimal dan efektif. Durasi waktu yang hanya dua jam setiap hari hampir dipastikan tidak memenuhi standar pembelajaran yang diprogramkan," tegasnya.

 

Karena itulah lanjutnya, perlu dicarikan solusi agar peserta didik dapat mengejar ketertinggalannya melalui berbagai cara selain pembelajaran jarak jauh yang kini sedang disiapkan pemerintah.

 

"Program pendampingan ini merupakan salah satu altetnatif solusi untuk mengahadapi kendala itu dan diperuntukkan peserta didik yang belajar di SD atau MI di bawah pembinaan LP Ma'arif NU," ungkapnya. 

 

Karena itu sambungnya, dalam waktu dekat pihaknya akan beraudiensi dengan LP Ma'arif NU Jateng untuk membicarakan teknik pelaksanaannya. Kami sudah siapkan para relawan IPNU-IPPNU untuk diterjunkan di lapangan guna mendukung dan merealisasikan program ini," tuturnya.

 

Ketua PW IPPNU Jateng Nirma Aini MS mengatakan, sebelum dilaksanakan Rakerwil akan digelar upacara pelantikan pengurus PW IPNU-IPPNU Jateng peride 2019-2022.

 

Disampaikan, dalam Rakerwil nanti akan dibahas sejumlah materi yang dibagai dalam empat komisi, meliputi komisi organisasi, kaderisasi, program kerja dan Corp Brigade Pembangunan atau CBP untuk IPNU dan Korp Pelajar Putri atau KKP untuk IPPNU.

 

"Ketua umum PP IPNU Iswandi Jaelani dan ketua umum PP IPPNU Nurul Hidayatul Ummah direncanakan akan menghadiri agenda kegiatan ini," pungkasnya.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile