Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ansor Kencong Jember Prioritaskan Pengkaderan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Ansor Kencong Jember Prioritaskan Pengkaderan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
Rapat Kerja (Raker ) Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kencong di Pondok Pesantren Bustanul Ulum AWS Mlokorejo, Kecamatan Puger, Jember, Ahad (4/10). (Foto: Istimewa)
Rapat Kerja (Raker ) Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kencong di Pondok Pesantren Bustanul Ulum AWS Mlokorejo, Kecamatan Puger, Jember, Ahad (4/10). (Foto: Istimewa)

Jember, NU Online
Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kencong, Kabupaten Jember Jawa Timur, Agus Nur Yasin menegaskan bahwa dalam menyusun program kerja organisasi, pihaknya mengedepankan azaz manfaat dan dapat benar-benar dilaksanakan oleh para pengurus sesuai dengan kemampuan.


“Program kita tidak perlu muluk-muluk, pada prinsipnya, program itu harus bermanfaat untuk umat, ada manfaat untuk sahabat Ansor dan ada manfaat untuk warga NU,” ungkapnya saat memberi sambutan pada Rapat Kerja (Raker ) di Pondok Pesantren Bustanul Ulum AWS Mlokorejo, Kecamatan Puger, Jember, Ahad (4/10).


Di antara program prioritas dan realistis adalah pengkaderan dan pemberdayaan ekonomi untuk satu tahun ke depan. Pengkaderan menjadi prioritas karena semua kepengurusan pasti ada masanya. Pengabdian kader Ansor yang sudah ada akhirnya dibatasi oleh waktu juga, sehingga pengkaderan harus terus dilakukan.


“Sebab salah satu tanda bahwa sebuah organisasi itu eksis jika mempunyai anggota, dan ada kegiatan. Organisasi tanpa anggota, tidak ada artinya,” terangnya.


Sedangkan pemberdayaan ekonomi juga sangat penting. Selama ini, justru titik lemah umat Islam adalah di sektor ekonomi. Keterbelakangan ekonomi dan pendidikan kerap kali menjadi noktah yang menempel kehidupan Islam. Karena itu, lanjut Agus, pemberdayaan ekonomi akan selalu masuk dalam  program prioritas setiap tahun.


“Kita punya banyak teman, insyaallah banyak  yang bisa dikerjasamakan dengan kita dalam bidang ekonomi. Usaha wajib kita lakukan,” pungkasnya.


Sementara, Dewan Penasehat PC GP Ansor Kencong, H Marsuki Abd. Gofur menyatakan salut dengan tekad Ansor Kencong untuk memberdayakan ekonomi masyarakat. Menurutnya, sangat pas jika pemberdayaan ekonomi menjadi bidikan program Ansor ke depan, apalagi saat ini ekonomi masyarakat masih belum stabil karena terdampak penyebaran Corona yang semakin menjadi-jadi.


“Saya kira itu bagus, dan perlu kita dukung,” katanya saat memberikan sambutan.


Acara rapat kerja tahun pertama tersebut dihadiri oleh Dewan Pembina, Dewan Instruktur, Pengurus Cabang NU Kencong, Badan Otonom NU Kencong,  dan Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor  se- wilayah Kencong.


Dalam Raker tersebut, PC GP Ansor Kencong juga membagikan ratusan sembako untuk warga yang tidak mampu.


Pewarta:  Aryudi A Razaq

Editor: Muhammad Faizin

BNI Mobile