Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pelajar Serbu Internet Gratis melalui Student Corner IPPNU

Pelajar Serbu Internet Gratis melalui Student Corner IPPNU
Melalui Student Corner IPPNU mengadakan pendampingan dan fasilitasi internet untuk para pelajar. (Foto: Istimewa)
Melalui Student Corner IPPNU mengadakan pendampingan dan fasilitasi internet untuk para pelajar. (Foto: Istimewa)

Jakarta, NU Online
Permasalahan baru yang muncul saat pandemi Covid-19 salah satunya terkait proses belajar mengajar. Perubahan sistem belajar yang dilakukan secara daring ini mengharuskan pelajar untuk selalu terhubung dengan internet di tengah keterbatasan fasilitas yang dimiliki. 


Melalui program Stundent Corner yang diinisiasi oleh Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul (PP IPPNU), para pelajar mendapat fasilitas internet gratis. Tidak mengherankan program ini mendapat respons baik dari berbagai kalangan khususnya pelajar. Program yang sudah terlaksana di sepuluh wilayah Indonesia seperti Sumatera Barat, Bengkulu, Jawa Tengah, Banten, NTB, Jabodetabek dan Gorontalo.

 

Dari setiap titik wilayah terdapat satu orang pendamping baik itu dari pusat maupun pendamping daerah. Pendampingan dilakukan hingga awal Januari tahun 2021 mendatang dengan memberikan pengarahan bagi pelajar setempat.

 
"Program pendampingan belajar melalui Student Corner ini sebagai sarana ruang untuk bertemu bertukar pikiran dan wawasan dan saling mendukung satu sama lain, serta diharapkan dapat menumbuhkan ekosistem yang saling supportif dan apresiatif serta lahirnya budaya berpikir kritis," ungkap Nurul H Ummah, Ketum PP IPPNU saat peluncuran program beberapa waktu lalu.

 

Hingga kini, respons baik dengan adanya program ini tercermin dari ucapan terima kasih yang disampaikan oleh Mutmaina selaku pendamping daerah Gorontalo.

 

"Program ini sangat bermanfaat di masa pandemi Covid-19 untuk merespons keberlangsungan untuk tetap belajar dan dituntut kreatif serta inovatif agar tak putus asa dalam menimba ilmu," ungkapnya.

 

Proses pendampingan di Wilayah kami sudah berjalan beberapa hari yang lalu, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan cuci tangan sebelum belajar dan memakai masker. "Selain itu kami juga mendapat bimtek dari pendamping pusat sesuai pembagian wilayah masing-masing melalui virtual," tegasnya.


Beberapa titik wilayah Student Corner yang lain juga sudah mulai berjalan. "Para pendamping daerah pun mulai aktif di daerah masing-masing seperti Bengkulu, NTB, Sumatera Barat dan Jabodatabek," ungkap Sri Nur Ainingsih selaku koordinator pusat program Student Corner.

 

Disampaikan oleh Ain, panggilan akrabnya, program ini dapat memberi manfaat dan berdampak positif terhadap keefektifan dalam belajar dan kepedulian antarsesama. "Dikutip dengan ayat Khoirunnas anfa’uhum linnas, yang artinya sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama," pungkasnya.

 

Kontributor: Santi Maulidiyah
Editor: Kendi Setiawan


 

BNI Mobile