Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Temu Nasional Gusdurian 2020 Dibuka Malam Ini

Temu Nasional Gusdurian 2020 Dibuka Malam Ini
Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian, Alissa Wahid. (Foto: dok. istimewa)
Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian, Alissa Wahid. (Foto: dok. istimewa)

Jakarta, NU Online

Senin (7/12) malam ini, pukul 19.00 sampai 21.00 WIB, Temu Nasional (Tunas) Gusdurian 2020 akan dibuka. Forum tertinggi komunitas para pecinta dan pengagum Gus Dur ini akan berlangsung secara daring hingga 16 Desember mendatang. Rangkaian agenda tersebut bisa didapat dari berbagai platform media sosial Jaringan Gusdurian.


Tunas Gusdurian 2020 bertajuk ‘Menggerakkan Masyarakat Memperkuat Indonesia’ ini akan dibuka oleh penampilan special dari Sang Celurit Emas KH Zawawi Imron yang akan membawakan sebuah puisi.


Selain itu, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Alissa Wahid juga akan menyampaikan orasi kebangsaan. Kemudian para Tokoh Muda Gusdurian juga bakal tampil membawakan doa lintas iman. Acara pembukaan Tunas Gusdurian ini disiarkan langsung melalui laman facebook KH Abdurrahman Wahid.


Forum tertinggi Jaringan Gusdurian ini diikuti oleh seluruh Penggerak Komunitas Gusdurian se-Indonesia dan dari belahan negara di dunia. Selanjutnya, hingga 16 Desember mendatang, ada berbagai forum yang akan digelar. 


Pada 8-10 Desember, terdapat Forum Isu Strategis yang akan diikuti oleh minimal dua orang dari masing-masing komunitas di setiap daerah. Di hari pertama, forum ini akan membahas soal Pribumisasi Islam, Agama, dan Demokrasi.


Kemudian pada 9 Desember, pembahasan dalam forum adalah soal Ekonomi, Hak Asasi Manusia (HAM), dan lingkungan. Esoknya, akan ada pembahasan mengenai Kesejahteraan, Ekosistem, dan Media. Lalu pada 11 Desember akan ada Forum Penguatan Jaringan.


Agenda selanjutnya adalah Ziarah Pemikiran, pada 12-14 Desember. Di dalam forum ini berbagai pemikiran Gus Dur akan dibedah dari berbagai sisi. Di hari pertama, Ziarah Pemikiran ini akan mendiskusikan soal peran Gus Dur terhadap rakyat Papua dan bedah buku pelengseran Gus Dur dari kursi kepresidenan.


Di tiga hari itu, juga terdapat Ruang Inspirasi. Dari tanggal 12 hingga 14, Ruang Inspirasi tersebut akan diisi dengan berbagai kelas. Beberapa di antaranya adalah kelas konten, kelas advokasi, kelas aktivis youtuber, dan kelas public speaking.


Ruang Inspirasi juga masih digelar pada keesokan harinya, pada 15 Desember, dengan bahasan social movement atau gerakan sosial yang dilakukan Jaringan Gusdurian. Kemudian sesi Ruang Inspirasi akan diakhiri dengan Panggung Budaya.


Berbagai agenda Tunas Gusdurian 2020 ini akan ditutup dengan konferensi pers, acara penutupan, dan Haul Gus Dur pada 16 Desember mendatang. 


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Fathoni Ahmad

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya