Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LAZISNU Jember Akhiri Tahun 2020 dengan Penyambungan Listrik Gratis

LAZISNU Jember Akhiri Tahun 2020 dengan Penyambungan Listrik Gratis
PC LAZISNU Jember dan Badan Pekerja (BP) Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI) Jember saat peluncuran Jember Terak Jember Sejahtera beberapa waktu lalu. (Foto: NU Online/Aryudi A Razaq )
PC LAZISNU Jember dan Badan Pekerja (BP) Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI) Jember saat peluncuran Jember Terak Jember Sejahtera beberapa waktu lalu. (Foto: NU Online/Aryudi A Razaq )

Jember, NU Online
Tahun 2020 sebentar lagi akan berakhir. Aksi sosial berupa pemasangan instalasi listrik gratis di  rumah warga kurang mampu, menjadi penanda berakhirnya kegiatan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jember Jawa Timur untuk tahun 2020.


Rumah yang dipasangi instalasi listrik tersebut adalah milik Arbak, Dusun Karangkebun, Desa Sumberjati, Kecamatan Silo, Jember, Kamis (24/12) lalu. Pemasangan instalasi listrik gratis tersebut merupakan program baru PC LAZISNU Jember untuk merespons adanya keluhan warga yang belum mempunyai instalasi listrik di zaman yang sudah maju ini. Nama programnya adalah Jember Terak Jember Sejahtera, diluncurkan oleh Direktur NU Care-LAZISNU Jember, Kholilur Rohman di SD Nurul Huda, Desa Plalangan, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, Jumat (18/12) lalu.


Menurut Pak Nanang, sapaan akrabnya, Jember Terak Jember Sejahtera mempunyai makna Jember terang dan sejahtera. Maksudnya adalah ketika semua warga Jember sudah teraliri listrik, maka di situlah jalan menuju kesejahteraan bisa dirajut dengan lebih mudah, jalannya ekonomi bisa lebih lancar.


“Listrik bukan hanya untuk menerangi yang gelap, tapi juga dapat mendorong perputaran roda ekonomi lebih cepat,” tuturnya kepada NU Online di kediamannya, Desa Biting, Kecamatan Kalisat, Jember, Rabu (30/12).


Pak Nanang menegaskan bahwa program Jember Terak Jember Sejahtera akan tetap berlanjut di tahun 2021. Ia berharap agar program hasil kerja sama LAZISNU Jember dengan Badan Pekerja (BP) Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI) Jember tersebut, dapat bermanfaat untuk meningkatkan derajat kehidupan warga, khususnya penerima bantuan.


“Selain rumah warga yang kurang mampu, pemasangan listrik gratis juga untuk lembaga, misalnya sekolah atau madrasah. Dan tahun depan (2021) kita teruskan,” ungkapnya.


Sementara itu, Ketua PC LAZISNU Jember, Ahmad Fathur Rosyid menegaskan komitmennya untuk terus melanjutkan program-program sosial seraya memperkuat sumber daya manusia (SDM) organisasi yang dipimpinnya.


“Tahun depan kita perlu memperkuat SDM kepengurusan, termasuk pembentukan dan pengaktifan pengurus LAZISNU di tingkat MWCNU dan Ranting. Soalnya mereka yang punya jamaah,” harapnya.


Selain program Jember Terak Jember Sejahtera, sepanjang tahun 2020, PC LAZISNU Jember secara konsisten melakukan aksi sosial semisal bedah rumah, pembagian sembako, pemberian beasiswa, khitanan gratis, pembagian ribuan masker, dan sebagainya.


“Yang paling sering adalah pembagian sembako, tidak hanya di waktu-waktu tertentu seperti lebaran, tapi di luar itu, kami juga membagikan sembako,”  pungkasnya.


Pewarta:  Aryudi A Razaq
Editor: Muhammad Faizin

Posisi Bawah | Youtube NU Online