Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Melihat Ikhtiar Fatayat NU Padang Tingkatkan Ekonomi Jamaah

Melihat Ikhtiar Fatayat NU Padang Tingkatkan Ekonomi Jamaah
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Ida Fauziah menunjukkan produk UMKM Fatayat NU Padang, Pariaman. (Foto: NU Online/Armaidi Tanjung)
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Ida Fauziah menunjukkan produk UMKM Fatayat NU Padang, Pariaman. (Foto: NU Online/Armaidi Tanjung)
Padang, NU Online
Upaya para pengurus Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Padang Pariaman dalam meningkatkan ekonominya terus menggeliat. Mereka kian piawai memproduksi makanan dari ubi dan pisang setelah mereka mengikuti pelatihan wirausaha.
 
Bahkan, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Ida Fauziah mengapresiasi produk tersebut. Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Fatayat NU ini menurutnya perlu terus dikembangkan.
 
"Rasanya enak dan gurih. Ini patut dikembangkan. Produk ini tentu bisa mendorong peningkatan ekonomi keluarga kader Fatayat NU," katanya saat mencicipi makanan yang diproduksi TKM PC Fatayat NU Padang Pariaman, Sabtu (16/1) di silaturahim dengan PWNU dan PCNU se-Sumatera Barat di salah satu hotel di Padang. 
 
Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumbar Prof Ganefri, jajaran pengurus PWNU, ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Sumatera Barat dengan protokol kesehatan.
 
Sebelumnya, Ketua Tanfidziyah PCNU Padang Pariaman Zainal Tuanku Mudo menyampaikan, PC Fatayat NU sudah memproduksi makanan dari ubi dan pisang. Produk tersebut selalu ditampilkan di berbagai kegiatan NU, baik di Padang Pariaman maupun di luar Padang Pariaman yang diikuti PCNU Padang Pariaman.
 
"Saat ini PCNU Padang Pariaman sedang mempersiapkan Badan Usaha Milik Nahdlatul Ulama (BUMNU). Nantinya produk Fatayat NU ini bisa lebih berkembang," ucap pimpinan Pesantren Bustanul Yaqin Lubuk Alung Padang Pariaman ini.
 
Ketua PC Fatayat NU Padang Pariaman Dalisna kepada NU Online menyebutkan, produksi pengolahan ubi dan pisang merupakan hasil dari pembekalan kewirausahaan tenaga kerja mandiri melalui pelatihan pengolahan ubi dan pisang yang diselenggarakan pada 21 Desember 2020 lalu. 
 
Kegiatan terselenggara atas kerja sama Kementerian Ketenagakerjaan dengan PP Fatayat NU berlangsung di Korong Tembok Nagari Sintuak Kecamatan Sintuak Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Bahan bakunya cukup banyak tersedia di Padang Pariaman, sehingga diharapkan peserta mampu menghasilkan produk-produk makanan yang terbuat dari ubi atau pisang.
 
"Pembekalan kewirausahaan bagi kader Fatayat NU sangat berarti dan penting mendorong serta memotivasi kaum perempuan muda NU dalam berwirausaha. Apalagi di tengah wabah Covid-19 ini, peran perempuan dalam menopang ekonomi keluarga sangat penting. Alhamdulillah, hasilnya kini Fatayat NU Padang Pariaman sudah memiliki usaha yang bisa dikembangkan untuk menggerakkan ekonomi keluarga," tutur Dalisna yang didampingi Pengurus PW Fatayat NU Sumbar Leni Harfina.
 
Kontributor: Armaidi Tanjung
Editor: Syamsul Arifin
Posisi Bawah | Youtube NU Online