Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Peduli Lakukan Swab Antigen Relawan Gempa Sulbar

NU Peduli Lakukan Swab Antigen Relawan Gempa Sulbar
Ketua Satgas NU Peduli Covid-19, Makki Zamzami, menjelaskan swab kepada relawan untuk menjaga kesehatan para relawan. (Foto: Ahmad Sofyan)
Ketua Satgas NU Peduli Covid-19, Makki Zamzami, menjelaskan swab kepada relawan untuk menjaga kesehatan para relawan. (Foto: Ahmad Sofyan)

Mamuju, NU Online
Memasuki hari ketiga layanan untuk warga di lokasi terdampak gempa Sulawesi Barat, Tim NU Peduli melakukan swab antigen atau rapid test antigen, Rabu (20/1). Swab dilakukan kepada para relawan, yang terdiri dari berbagai lembaga dan Banom NU yang turun ke lapangan untuk menanggulangi bencana gempa bumi Sulbar.

 

Ketua Satgas NU Peduli Covid-19, Makki Zamzami, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan para relawan, karena banyak relawan yang berdatangan ke lokasi gempa dari berbagai daerah. Pihaknya juga mengatakan, Tim NU Peduli dari PBNU (Jakarta) yang berangkat ke Sulbar telah menyelesaikan susunan Tim NU Peduli Sulbar. 


"Setelah final untuk susunan tim di posko, sebelum kita memasuki aksi program-programnya, seluruh relawan kami (lakukan) swab antigen," jelas Makki yang turut di Posko NU Peduli di Mamuju.

 

Dirinya mengungkapkan, ada beberapa relawan yang baru pertama kali melakukan swab antigen, karena mereka tidak berpergian ke wilayah zona merah, mereka juga belum pernah kontak lansung dengan orang yang positif Covid-19. 

 

Meski demikian, lanjut Makky, pada bencana gempa yang melanda Sulbar, banyak orang dari luar daerah berbondong-bondong datang untuk turut membantu warga terdampak. Menurutnya, hal itu dapat menciptakan klaster baru dalam penularan wabah Covid-19, jika tidak bisa menjaga kontak langsung dengan para relawan dari luar daerah.


"Ini untuk keamanan bersama dalam protokol Covid-19, di mana kita tidak ingin menularkan virus, terutama ketika kita mendistribusikan makanan maupun ketika menerima para pengungsi atau penyintas ke dalam posko. Dan, alhamdulillah semua hasilnya negatif. Semoga posko ini benar-benar menjaga protokol kesehatan walaupun di tengah pandemi seperti sekarang ini," pungkasnya.

 

NU Care-LAZISNU mengajak masyarakat untuk menyalurkan bantuan bagi warga terdampak banjir Kalimantan, gempa bumi Sulawesi Barat, tanah longsor Sumedang, erupsi Gunung Semeru Jawa Timur melalui tautan penggalangan ini.


Pewarta: Ahmad Sofyan
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online