Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

PCNU Brebes Dorong Tiap Lembaga Bisa Bersinergi

PCNU Brebes Dorong Tiap Lembaga Bisa Bersinergi
Pelantikan PC Lakpesdam NU Brebes (Foto: NU Online/Wasdiun)
Pelantikan PC Lakpesdam NU Brebes (Foto: NU Online/Wasdiun)

Brebes, NU Online

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Brebes, Jawa Tengah H Syamsul Ma'arif mengatakan, agar setiap lembaga di NU saling sinergi. Sehingga dalam melaksanakan suatu program akan lebih ringan dan membuahkan hasil yang maksimal. 

 

"Kalau hanya membesarkan dan membanggakan diri, maka hasilnya justru akan kerdil," tegasnya.

 

Hal itu disampaikan Syamsul Maarif saat melantik Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) NU periode 2020-2025, di Pesanteren Anidhom Nurul Huda, Gamprit Brebes, Ahad (24/1).

 

Disampaikan, dalam suatu sasaran program, semua lembaga yang ada bisa bergerak bersama sehingga potensi kekuatan NU Brebes yang tersembunyi dapat tersalurkan dengan baik.

 

"Sebagai contoh, jika NU mau mendirikan rumah sakit, maka Lakpesdam menyediakan dokter, perawat, bidan, tenaga ahli, dan  LAZISNU yang menyediakan dana dan lembaga menopang bagian lainnya," paparnya. 

 

Untuk itu lanjutnya, Lakpesdam harus bekerja keras dalam mengembangkan potensi SDM Warga NU termasuk mengajak pemuda-pemuda generasi penerus NU supaya ikut andil mengurus NU. 

 

"Bila peta itu sudah terbangun dan saling menguateratkan, maka program apapun akan mudah dilaksanakan," terangnya.

 

Ketua PC Lakpesdam NU Brebes Afifuddin El-Jufry menjelaskan, Lakpesdam merupakan suatu perangkat organisasi NU yang berfungsi sebagai lembaga kajian isu-isu strategis dan pemberdayaan manusia untuk transformasi sosial yang berkeadilan dan bermartabat.

 

"Dalam programnya, Lakpesdam akan membuat kajian-kajian dan diskusi serta beberapa tulisan yang akan dibukukan dalam sebuah jurnal. Minimal satu tahun sekali akan menerbitkan sebuah Jurnal," ungkapnya. 

 

Dalam melaksanakan kegiatannya kata Jufry, tidak boleh bertentangan dengan program dan kebijakan PCNU Brebes. Untuk itu, akan selalu berkoordinasi dengan PCNU.

 

“Kami akan bersinergi dan berkolaborasi dengan lembaga-lembaga lain yang berada di bawah naungan PCNU Kabupaten Brebes," ujarnya. 

 

Ketua Paanitia Pelantikan Ufi Satriyanto menambahkan, kegiatan pelantikan juga diisi dengan bedah buku 'Menjerat Gus Dur' oleh pengarangnya Virdika Rizky Utama, dengan pembanding Mantan Redaktur Radar Tegal dan Ketua KPU Brebes Muamar Riza Pahlevi. Bertindak sebagai moderator Divisi SDM dan Organisasi PC Lakpesdam NU Brebes Laela Ulfiah. 

 

Kontributor: Wasdiun
Editor: Abdul Muiz

Posisi Bawah | Youtube NU Online