Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Wali Kota Tegal Sebut Banser Terbukti Jaga Toleransi Beragama

Wali Kota Tegal Sebut Banser Terbukti Jaga Toleransi Beragama
Kegiatan pelantikan Satkorcab Banse Kota Tegal (Foto: NU Online/Wasdiun)
Kegiatan pelantikan Satkorcab Banse Kota Tegal (Foto: NU Online/Wasdiun)

Tegal, NU Online  
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono memuji keberadaan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di Tegal yang telah terbukti menjaga toleransi beragama. Langkah yang diambil Banser menurut Wali Kota sangat tepat karena Kota Tegal dihuni oleh masyarakat yang heterogen. 

 

"Artinya, dibutuhkan upaya saling tegang rasa dan silaturahmi. Sikap tersebut telah ditunjukan Banser dalam kegiatannya," ujarnya.

 

Demikian disampaikan Wali Kota Tegal saat Pengkuhan dan Pelantikan Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Kota Tegal di Gedung Kkelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Haromain Kota Tegal, Ahad (24/1). 

 

Pihaknya menyampaikan terima kasih atas peran serta dan kiprah Ansor-Banser selama ini di Kota Tegal.
“Terima kasih kepada Banser yang selama ini sudah menjaga toleransi beragama di Kota Tegal. NU harus tetap kompak,” ungkap Dedy Yon. 

 

Dedy Yon mengucapkan selamat kepada Habib Husen Bahir yang telah terpilih sebagai Kepala Satkorcab Banser Kota Tegal Periode 2019-2023. Kepemimpinan Habib Husen Bahir diharapkan membuat Banser semakin kompak dan maju bersama pasukannya.

 

"Saya juga mengapresiasi pencapaian Ansor, di mana komandannya Gus Yaqut, dipercaya menjadi Menteri Agama," ucapnya. 

 

Menurutnya, kader NU harus mengisi segala lini, baik di eksekutif, legislatif, dan organisasi lainnya. 
Untuk itu pesannya, program Ansor Banser jangan  monoton, namun bisa melakukan kegiatan yang melibatkan masyarakat secara luas dan selalu menjaga toleransi beragama.

 

Ketua Pembina Satkorcab Banser Kota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin kepada NU Online, Selasa (26/1) berpesan agar Banser bisa terus mengawal program perjuangan NU dan mempertahankan NKRI yang aman dan damai. 

 

“Saat masyarakat membutuhkan, Banser harus ada di garda terdepan. Niat perjuangan Banser adalah ikhlas,” kata Habib Ali.

 

Ke depan sambung Habib Ali, keberadaan Banser serta lembaga NU lainnya, diharapkan dapat senantiasa ikut serta dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 

 

Wakil Ketua PCNU Kota Tegal Sugiarto berpesan singkat agar Satkorcab Banser Kota Tegal dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal. "Segala program pemerintah yang baik harus di dukung penuh, karena pada hakekatnya adalah untuk kesejahteraan umat," pintanya.

 

Kepala Satkorcab Banser Kota Tegal Habib Husen Bahir menegaskan dalam programnya, bertekad selalu aktif di setiap kegiatan kemasyarakatan, kemanusiaan, dan sosial. 

 

"Maka dari itu, akan mendorong anggota Banser untuk terus meningkatkan kapasitas serta kualitasnya. Semangat Satkorcab Banser Baru dan Semangat Baru Satkorcab Banser adalah tekad untuk meneguhkan kontribusi kepada agama, bangsa, dan negara," tegasnya. 

 

“Pertama, perbaikan manajemen pengabdian dan tata kelola berbanser. Kedua, penguatan kaderisasi. Ketiga, penguatan bersinergi yaitu antar masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, Pemerintah, TNI, dan Polri sebagai sesama warga bangsa,” sambungnya.

 

Sebelum dikukuhkan, Habib Husen Bahir dan jajaran kepengurusan memanfaatkan waktu untuk memohon doa dan restu dengan melakukan ziarah ke Maqbarah Sesepuh Kota Tegal. 

 

Adapun makam yang diziarahi yaitu Makam Habib Muhammad Bin Thohir Al-Hadad, Sayyid Syarif Abdurrahman (Mbah Panggung). Ziarah tersebut diharapkan menambah spirit Pergerakan Satkorcab Banser Kota Tegal.

 

Kontributor: Wasdiun
Editor: Abdul Muiz

Posisi Bawah | Youtube NU Online