Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

ISNU Demak Siapkan Sarjana Bangun Desa 

ISNU Demak Siapkan Sarjana Bangun Desa 
Ketua PC ISNU Demak Jateng, M Ali Maskun (Foto: NU Online)
Ketua PC ISNU Demak Jateng, M Ali Maskun (Foto: NU Online)

Demak, NU Online  

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Demak, Jawa Tengah menyiapkan anggotanya untuk berpartisipasi aktif dalam program pembangunan dan penguatan masyaraakat desa setelah menyelesaikan studinya di perguruan tinggi.

 

Ketua PC ISNU Demak Muhammad Ali Maskun mengatakan, gerakan sarjana kembali ke desa merupakan program prioritas ISNU Demak dalam rangka turut serta memajukan masyarakat desa di Demak untuk mempersempit jurang kesenjangan dengan masyarakat perkotaan.

 

"Langakah awal didahului dengan sosialisasi keberadaan ISNU sebagai bagian dari jamiyah NU di lingkungan pemerintahan tingkat kecamatan dan desa / kelurahan. Saat ini kepengurusan ISNU sudah terbentuk di 14 kecamatan yang ada di Demak ," kata Ali Maskun kepada NU Online di Demak, Rabu (27/1).

 

Disampaikan, para pengurus ISNU sudah dibekali dengan berbagai kemampuan dan keahlian untuk memaksimalkan peran sarjana yang kembali ke desa agar dalam proses pembangunan mampu berperan sebagai subyek, tidak hanya sebagai obyek sebagaimana yang terjadi selama ini.

 

"Pada awal tahun ini, 14 Pengurus Anak Cabang (PAC) ISNU di Demak sudah menyusun jadwal untuk beraudiensi dengan pemerintahan di tingkat kecamatan yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Pemerintahan Kecamatan (Forkompimcam) untuk menyampaikan kesiapan sarjana NU dalam membangun masyarakat di pedesaan," terangnya.

 

Dia menambahkan, sebagian besar warga NU yang belajar di perguruan tinggi setelah lulus mengambil keputusan untuk kembali ke daerah masing-masing. Kalaupun ada yang berkiprah di luar ikatan emosionalnya untuk memajukan desa di Demak sangat tinggi.

 

"Potensi seperti ini harus dimaksimalkan, para pengambil kebijakan di Demak kami dorong untuk memaksimalkan potensi ini agar ketertinggalan yang dialami seperti sekarang bisa terkejar," tuturnya.    

 

Ketua PAC ISNU Kecamatan Dempet Kabupaten Demak, Sunipan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan jadwal audiensi dengan Forkompimcam, institusi yang sudah merespons baru camat Dempet.

 

Dijelaskan, audiensi ISNU Ancab Dempet dengan Camat sudah berlangsung Selasa (26/1), selanjutnya masih menunggu jadwal pertemuan dengan Kapolsek dan Danramil.

 

"Banyak masukan yang kami sampaikan kepada Forkompimcam, semoga dapat menjadi bahan masukan dan pertimbangan untuk memajukan masyarakat desa," pungkasnya.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz

Posisi Bawah | Youtube NU Online