Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Unusa Kini Miliki Fakultas Ekonomi Bisnis Teknologi Digital

Unusa Kini Miliki Fakultas Ekonomi Bisnis Teknologi Digital
Rektor Unusa menyaksikan penandatanganan pejabat baru di sejumlah fakultas. (Foto: NU Online/Unusa)
Rektor Unusa menyaksikan penandatanganan pejabat baru di sejumlah fakultas. (Foto: NU Online/Unusa)

Surabaya, NU Online

Sejumlah terobosan dilakukan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Jawa Timur.  Terutama menghadapi era teknologi digital dan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Indonesia (Kemdikbud).

 

Yang terbaru adalah meluncurkan Fakultas Ekonomi Bisnis Teknologi Digital (FEB-TD). Fakultas baru ini merupakan gabungan antara Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) dan Fakultas Teknik (FT).

 

“Penggabungan dua fakultas ini sebagai bentuk intensif Unusa dalam program merdeka belajar dan kampus merdeka yang dimiliki Kemendikbud,” kata Achmad Jazidie, Sabtu (30/01).

 

Menurut Rektor Unusa tersebut, keberadaan fakultas baru sebagai salah satu implementasi program merdeka belajar dan kampus merdeka. Dengan demikian mahasiswa diberi hak untuk belajar di luar kampus.

 

“Hal ini sebagai bentuk realisasi kepada mahasiswa agar bisa magang di dunia industri dunia usaha dalam waktu dekat,” terangnya.

 

Dikemukakan Jazadie, Unusa sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan, seperti Indosat yang dapat dijadikan tempat magang mahasiswa dari FEB-TD.

 

“Itu semua dapat masuk dalam bobot SKS atau Sistem Kredit Semester," jelasnya.

 

Dirinya menjelaskan, penggabungan dua fakultas ini sebagai upaya merespons perkembangan teknologi yang semakin berkembang. Kemajuan teknologi digital mempengaruhi dinamika kebiasaan ekonomi masyarakat dunia, khususnya di Indonesia.

 

"Teknologi digital ini sudah bisa kita rasakan terlebih di dunia perbankan yang mulai menyasar teknologi digital," ungkapnya.

 

Penggabungan dua fakultas ini, menjadi salah satu ikhtiar Unusa untuk merumuskan dan mengantisipasi perkembangan ekonomi di masa depan.

 

"Ekonomi digital mulai dari sekarang sudah kami persiapkan, sekaligus mengantisipasi perkembangan masa depan," beber Jazidie.

 

Di lokasi yang sama, Rektor Unusa melantik dekan, wakil dekan, dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) yang baru masa periode 2021-2026.

 

Salah satu dekan yang resmi dilantik, Ubaidillah Zuhdi sebagai Dekan FEB-TD Unusa merasa tertantang menjadi dekan. Hal tersebut karena merupakan gabungan dari dua fakultas ekonomi bisnis dengan fakultas teknik.

 

"Di tengah perkembangan teknologi digital yang terus melaju dengan cepat, menjadikan kami termotivasi untuk membawa FEB-TD Unusa yang terbaik di era digital teknologi," jelasnya.

 

Berikut ini nama dekan serta wakil dekan yang baru dilantik. Khamidha menjadi Dekan FKK, Handayani sebagai dekan FK.

Ada SP Edijanto menjadi dekan FKes, M Thamrin Hidayat sebagai Dekan FKIP, Ubaidillah Zuhdi selaku Dekan FEB TD. Juga Achmad Syafiuddin menjadi Ketua LPPM.

 

Sedangkan Wakil Dekan FKK dijabat Nurul Khamariyah Wakil Dekan I FK oleh Ardyarini Dyah Savitri, Wakil Dekan II FK dijabat Aisyah.

 

Selain itu, Firdaus diamanahi Wakil Dekan FKes, Nafiah selaku Wakil Dekan FKIP, dan Fajar Annas Susanto menjadi Wakil Dekan FEB TD.

 

Editor: Ibnu Nawawi

Posisi Bawah | Youtube NU Online