Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kemenag Palangka Raya Kirim Bantuan Khusus ke Nahdliyin Banjar

Kemenag Palangka Raya Kirim Bantuan Khusus ke Nahdliyin Banjar
Tim Tanggap Bencana Kemenag Palangka Raya menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Tim PCNU Kabupaten Banjar (Foto: NU Online/Anas)
Tim Tanggap Bencana Kemenag Palangka Raya menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Tim PCNU Kabupaten Banjar (Foto: NU Online/Anas)

Banjar, NU Online 

Hujan lebat dengan intensitas tinggi beberapa waktu lalu mengakibatkan sejumlah sungai meluap dan membanjiri pemukiman penduduk. Dalam peristiwa itu, air merendam sebanyak 70 kecamatan dari 11 kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Selatan. 

 

Menyikapi hal itu, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menetapkan peningkatan status dari siaga darurat menjadi tanggap darurat bencana banjir, tanah lonsor, angin puting beliung, dan gelombang pasang.

 

"Dengan dikeluarkannya surat pernyataan ini, maka kepada pihak-pihak terkait kebencanaan segera melakukan langkah-langkah nyata untuk penanggulangan bencana," demikian kata Sahbirin dalam keterangan resminya belum lama ini.

 

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah menanggapi maklumat tersebut. Secara khusus, Kemenang menitipkan bantuan sembako dan logistik lain kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjar bagi warga Nahdlatul Ulama (Nahdliyin).

 

"Kalimantan Selatan adalah saudara tua kita yang ada di Borneo, makanya karena daerah tetangga yang paling dekat adalah kita, apalagi di sana banyak Nahdiyin yang terkena musibah," kata Kepala Kantor Kemenag Kota Palangka Raya Achmad Farichin saat menyerahkan bantuan, Sabtu (30/1).

 

Menurut Wakil Rais PCNU Kota Palangka Raya ini, sejatinya bantuan untuk korban banjir ada yang berupa uang tunai dan logistik. Namun pada praktiknya dibagi di beberapa posko yang ada di Kalimantan Selatan.

 

"Bantuan dari Kementerian Agama Kota Palangka Raya ada 16 mobil bantuan logistik dan uang tunai 10 juta rupiah," ungkapnya.

 

Dijelaskan, jika dinominalkan bantuan logistik nilainya lebih dari seratus juta rupiah yang penyalurannya dibagi beberapa tim Tanggap Bencana Kementerian Agama Kota Palangka Raya. "Tim pertama ke arah Kabupaten Hulu Sungai Utara yang terkena dampak banjir yang sangat parah dan tim yang kedua Kabupaten Banjar," terangnya.

 

Aktivis yang juga menjabat sebagai Pengurus Dewan Pakar di Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Provinsi Kalimantan Tengah ini melanjutkan, bantuan untuk Kabupaten Banjar salah satunya diserahkan ke Posko PCNU Kabupaten Banjar.

 

"Batuan logistik yang kita serahkan di Posko PCNU Kabupaten Banjar, ada 1 buah mobil Pick-up yang berisi logistik bahan pokok. Bantuan ini kami serahkan kepada PCNU Kabupaten Banjar agar nanti disalurkan kepada warga NU yang ada di Kabupaten Banjar, dan semoga bantuan ini bermanfaat," tuturnya.

 

Menerima bantuan tersebut, Ketua PCNU Kabupaten Banjar Nuryadi mengucap syukur dan menyatakan apresiasi atas perhatian Kemenag Kota Palangka Raya. "Alhamdulillah, kepedulian ini adalah salah satu hikmah musibah. Kami mengucapkan terima kasih sekali kepada Kementerian Agama Kota Palangka Raya yang telah memberikan bantuannya untuk korban bencana banjir di Kalimantan Selatan," ucapnya.

 

Menurut Nuryadi, bantuan tersebut akan didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak banjir sesuai data korban yang ditanggung NU Banjar. "Bantuan ini sangat berharga sekali. Kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang menyumbang. Semoga ini menjadi amal jariyah bagi para penyumbang dan kami yang menyalurkan," tutupnya. 

 

Kontributor: Anastas Khumaini, Ahmad Rifqi Hidayat

Editor: Editor: Abdul Muiz


Tim Tanggap Bencana Kemenag Palangka Raya menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Tim PCNU Kabupaten Banjar
. Rombongan Tim Tanggap Bencana Kemenag Palangka Raya berfoto bersama Tim PCNU Kabupaten Banjar seusai serah-terima bantuan korban banjir (NU Online/Anas)


 

Posisi Bawah | Youtube NU Online