Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Gus Yaqut: Ansor-Banser harus Miliki Cita-cita Besar

Gus Yaqut: Ansor-Banser harus Miliki Cita-cita Besar
Ketum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) dalam sebuah acara. (Foto: Dok. NU Online)
Ketum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) dalam sebuah acara. (Foto: Dok. NU Online)

Kota Banjar, NU Online
Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut), menyampaikan kepada seluruh kader Ansor Banser untuk senantiasa memiliki tujuan dan cita-cita yang besar. Namun, hal tersebut dapat terwujud jika seorang kader memiliki jiwa yang besar.


"Kita harus memiliki cita-cita yang besar. Cita-cita besar hanya dimiliki oleh orang berjiwa besar," kata Gus Yaqut dalam Apel Kebangsaan yang dilaksanakan secara virtual pada Selasa (9/2).


Sebagai kader Ansor dan Banser, lanjut Gus Yaqut,  sudah selayaknya menjadi pribadi yang senantiasa menebarkan perdamaian. Untuk itu, tidak dibenarkan apabila seorang kader gemar membuat kegaduhan atau permasalahan lainnya.


“Tetapi, ini bukan berarti ketika tersangkut dalam sebuah masalah terus cuci tangan. Kader harus berani menghadapinya dengan penuh tanggung jawab. Kita pantang membuat masalah. Tapi, kalau terkena masalah harus berani menghadapi,” tandasnya.


Menteri Agama ke-24 RI ini mengingatkan kepada seluruh peserta apel kebangsaan virtual supaya tidak menjadi orang serakah. "Kita tidak boleh serakah. Orang yang berjiwa besar pasti tidak serakah,” tegas Gus Yaqut.


Selanjutnya, Gus Yaqut berpesan kepada para kader Ansor-Banser agar senantiasa menjadi pribadi yang mudah memaafkan dan tidak mudah tersinggung. Karena salah satu ciri orang besar yakni tidak mudah sakit hati dan marah. Sebaliknya, justru menjadi pribadi pemaaf.


“Jangan mudah tersinggung, jangan mudah sakit hati. Kita harus mudah untuk memaafkan,” pesan putra KH M Cholil Bisri Rembang ini.


Di akhir sambutan, Gus Yaqut berharap kepada seluruh anggota Ansor-Banser untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (Prokes) dan selalu menjaga kesehatan. Tidak luput juga mengajak kepada kader agar terus berdoa supaya pandemi segera sirna.


"Tetap jaga kesehatan, tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Mari kita berdoa bersama semoga pandemi ini segera lenyap dari muka bumi ini," pungkas Gus Yaqut. 


Kontributor: Wahyu Akanam
Editor: Musthofa Asrori
 

Posisi Bawah | Youtube NU Online