Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Target Satgas 17 Agustus 2021 Indonesia Bebas Covid-19

Target Satgas 17 Agustus 2021 Indonesia Bebas Covid-19
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto: Tangkap layar Youtube)
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto: Tangkap layar Youtube)

Jakarta, NU Online

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengungkapkan bahwa dalam kurun satu minggu terakhir kasus Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan.

 

Pada awal Februari terdapat 176.000 kasus dan pada pekan kedua menjadi 161.00 kasus. Menurutnya kondisi ini cukup menggembirakan dan ada hal positif terjadi yang merupakan upaya semua pihak dalam menghadapi Covid-19.


"Target kita adalah pada perayaan 17 Agustus yang akan datang, maka kita betul-betul harus bebas dari Covid. Artinya Covid betul-betul dalam posisi yang dapat dikendalikan," kata Doni dalam rapat koordinasi yang digelar secara virtual di kanal Youtube Pusdalops BNPB, Ahad (14/2).


Untuk mencapai target tersebut, pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk terus bekerjasama dalam penanganan memutus rantai penyebaran Covid-19. Karena menurutnya masyarakatlah yang bisa bersama-sama mencari cara terbaik melalui berbagai koordinasi baik secara fisik maupun virtual.


“Yang paling penting dalam penanganan Covid-19 ini adalah disiplin. Disiplin untuk patuh pada protokol kesehatan. Disiplin untuk mengikuti dan menaati semua ketentuan yang telah digariskan oleh pemerintah,” ungkapnya.


Pemerintah saat ini lebih menfokuskan sistem penanganan Covid-19 berbasis mikro yakni dari level RT dan RW. Bagi daerah padat penduduk seperti di perkotaan, masyarakatnya harus bahu membahu untuk menemukan cara terbaik guna meredam perkembangan Covid-19 di daerahnya.


Pihaknya juga terus melakukan pertemuan dan koordinasi intensif setiap pekan dengan berbagai kalangan untuk memunculkan ide-ide cemerlang dan efektif dalam menghadapi Covid-19. Di antaranya dengan koordinasi pada hari tersebut yang mengangkat tema Rapat Koordinasi Penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Skala Mikro.


Seperti diketahui saat ini pemerintah tengah melakukan perpanjangan PPKM sampai 22 Februari 2021 pada tujuh provinsi dengan beberapa wilayah kabupaten/kota yang menjadi prioritas. Dalam perpanjangan kali ini ada penambahan strategi yakni PPKM berbasis mikro yang terdapat ketentuan untuk membentuk posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan dalam rangka pengendalian Covid-19.


Untuk kondisi kasus Covid-19 di INdonesia sampai dengan Selasa (16/2), terdapat penambahan 10.029 kasus baru dalam 24 jam terakhir. Penambahan itu menyebabkan jumlah total kasus Covid-19 di Indonesia kini mencapai telah mencapai 1.233.959 orang.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Fathoni Ahmad

Posisi Bawah | Youtube NU Online