Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Dukung Penuh Suksesnya Vaksinasi

NU Dukung Penuh Suksesnya Vaksinasi
Rombongan Menkes RI saat berkunjung ke PBNU (foto: nu online)
Rombongan Menkes RI saat berkunjung ke PBNU (foto: nu online)

Jombang, NU Online 

Ikhtiar serius pemerintah dalam memastikan peredaran virus Corona dapat tertangani dengan baik telah dilakukan. Sejumlah kebijakan demi menuju arah tersebut telah diberlakukan, yang ujungnya menunjukkan hasil menggembirakan.

 

Salah satu yang menjadi program pemerintah adalah menggelar vaksinasi di seluruh Tanah Air. Dan upaya ini mendapat dukungan dari berbagai kalangan, termasuk Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Penegasan tersebut disampaikan Ketua Badan Pelaksana Kesehatan PBNU HM Zulfikar As'ad yang juga Pengurus Asosiasi Rumah Sakit Nahdlatul Ulama atau Arsinu. 

 

“Kami siap mendukung program vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan pemerintah. Karena hal tersebut sebagai salah satu bentuk upaya memutus rantai penularan virus Corona yang sudah melewati satu tahun keberadaanya di muka bumi kita ini,” katanya, Senin (8/3). 

 

Hal tersebut disampaikannya menindaklanjuti harapan dari Menkes RI Budi Gunawan Sadikin saat kunjungan silaturahim ke kantor PBNU. Saat itu Menkes diterima Ketua Umum PBNU KH Said Agil Siroj bersama jajaran yang membidangi kesehatan.

 

“Saat pertemuan tersebut Menkes di antaranya menyampaikan harapan presiden dan pemerintah Indonesia agar PBNU mendukung program vaksinasi yang dicanangkan sebagai salah satu bentuk upaya untuk memutus mata rantai Covid-19 yang akan diberikan kepada seluruh warga negara Indonesia,” jelasnya. 

 

Berkenaan dengan hal itu, badan pelaksana NU akan mengambil peran dan dapat berkontribusi dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19. “Untuk itu kami membentuk dan mengerahkan tim untuk membantu pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19,” kata Gus Ufik, sapaan akrabnya.

 

Berikutnya melakukan edukasi kepada masyarakat khususnya warga NU tentang pentingnya ikut dalam vaksinasi. Selanjutnya memobilisir anggota NU dan masyarakat untuk ikut menjadi peserta vaksinasi Covid-19. 

 

“Yang juga tidak kalah penting adalah menjadi agen of change keteladanan dalam mensukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19,” kata salah satu pengasuh di Pondok Pesantren Darul Ulum, Jombang tersebut.

 

Di ujung keterangan, Gus Ufik mengemukakan bahwa secara teknis akan melaksanakan koordinasi dengan jaringan Arsinu. “Termasuk dengan lembaga kesehatan NU, Muslimat NU, Fatayat NU, dan badan otonom lain di setiap wilayah sampai dengan tingkat Pengurus Ranting NU di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

 

Pewarta: Ibnu Nawawi

Editor: Abdul Muiz

Posisi Bawah | Youtube NU Online