Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Wapres KH Ma'ruf Amin Tinjau Pembangunan Bendungan Way Sekampung di Lampung

Wapres KH Ma'ruf Amin Tinjau Pembangunan Bendungan Way Sekampung di Lampung
Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin melakukan peninjauan pembangunan Bendungan Way Sekampung, Lampung, pada Senin (22/3) pagi. (Foto: Istimewa)
Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin melakukan peninjauan pembangunan Bendungan Way Sekampung, Lampung, pada Senin (22/3) pagi. (Foto: Istimewa)

Jakarta, NU Online
Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin melakukan peninjauan pembangunan Bendungan Way Sekampung, Lampung, pada Senin (22/3) pagi. Bendungan ini memiliki kapasitas tampung air sebesar 68,06 juta meter kubik dengan luas genangan 800 hektare.


Rencananya, Bendungan Way Sekampung ini akan dimanfaatkan sebagai penyedia air irigasi untuk intensifikasi Daerah Irigasi Sekampung Sistem dengan luas areal sebesar 55,373 hektar, dengan peningkatan intensitas tanam 270 persen dan pengembangan di Rumbia Extension dengan potensi luas 17.334 hektar.


Selain itu, bendungan ini berpotensi pula untuk memenuhi kebutuhan air baku di beberapa daerah. Di antaranya Kota Bandar Lampung, Branti, dan Kota Metro. Kapasitas air diperkirakan sebesar 2.482 liter per detik.


Bendungan Way Sekampung yang dibangun sejak 2016 ini juga berpotensi menjadi sumber pembangkit listrik tenaga microhydro (PLTM) dengan daya sebesar 5,4 Megawatt. Bahkan, bendungan ini bisa menjadi destinasi pariwisata di Kabupaten Pringsewu.

 

 

Hal senada juga disampaikan Bupati Pringsewu H Sujadi saat mendampingi Wapres dalam kunjungan tersebut. Walaupun Pringsewu tidak dapat merasakan manfaat secara langsung dari air irigasi di bendungan Way Sekampung untuk keperluan pertanian, namun Pringsewu mendapatkan manfaat dari air baku.

 

"Pringsewu juga sangat membutuhkan manfaat dari air baku tersebut. Selain itu kedepannya dapat dimanfaatkan untuk destinasi wisata," jelasnya.

 

Bupati Sujadi juga menjelaskan bahwa untuk kepentingan irigasi pertanian nantinya akan dibuat bendungan-bendungan kecil untuk mengaliri areal persawahan di Kabupaten Pringsewu setelah melalui kajian-kajian yang terstruktur dan komprehensif.


Usai meninjau bendungan yang saat ini progres pembangunannya telah mencapai 92,33% dan ditargetkan selesai Juli 2021 ini, Wapres kembali ke Jakarta untuk melanjutkan agenda kerja harian di Istana Wakil Presiden.

Foto: Penyambutan Wapres RI oleh warga NU di depan Gedung PCNU Pringsewu

 

Hari ini, Wapres juga berkesempatan meninjau langsung program vaksinasi Covid-19 di Provinsi Lampung. Ia berharap, vaksinasi Covid-19 terus ditingkatkan untuk segera mencapai kekebalan komunal (herd immunity).


Pada kunjungan kerja itu, Wapres didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jarot Widyoko.


Turut hadir pula mendampingi Wapres, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Bambang Widianto, serta Tim Ahli Wapres Saleh Husin dan Farhat Brachma.


Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Muhammad Faizin

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya