Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

259 Calon Jamaah Haji Pringsewu akan Divaksin Covid-19

259 Calon Jamaah Haji Pringsewu akan Divaksin Covid-19
Kepala Kemenag Pringsewu H Ahmad Rifai. (Foto: Istimewa)
Kepala Kemenag Pringsewu H Ahmad Rifai. (Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online
Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, terdapat 259 calon jamaah haji yang masuk daftar kuota berangkat pada tahun 2021. Namun terkait dengan kepastian keberangkatan para jamaah tersebut, Kepala Kemenag Pringsewu H Ahmad Rifai menyatakan masih menunggu keputusan dari Kemenag Pusat.


“Sebagai bentuk antisipasi jika nantinya jamaah diberangkatkan, kami sudah melakukan persiapan dengan menjadwalkan calon jamaah haji untuk divaksin Covid-19,” katanya, Kamis (1/4) saat melakukan rapat dengan Pemerintah Daerah dan Ormas Islam di Pringsewu.

 

 

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi calon jamaah haji Kabupaten Pringsewu akan dimulai pada tanggal 6 April 2021 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu. Untuk tidak terjadi penumpukan jamaah yang akan divaksin di lokasi vaksinasi, pihaknya telah berkoordinasi dengan Puskesmas di daerah di mana calon jamaah haji berada.


“Mereka akan mengikuti vaksinasi di Puskesmas terdekat dari kediaman masing-masing. Untuk kick off di Pringsewu akan dilaksanakan di Puskesmas Pringsewu dan akan dihadiri stake holder terkait,” jelasnya.


Semua langkah ini dilakukan agar jika saatnya nanti kuota jamaah dibuka pada 2021 dan Pemerintah Indonesia memutuskan memberangkatkan jamaah haji, calon jamaah haji dari Kabupaten Pringsewu sudah siap untuk diberangkatkan.

 

"Jika pun kebijakan tahun ini tidak ada pemberangkatan jamaah haji, vaksinasi ini akan membantu pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi nasional," ungkapnya.

 

Saat ini menurutnya, pemerintah sudah menyiapkan beberapa skenario dalam mempersiapkan pemberangkatan jamaah haji. Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi sudah mengambil kebijakan mewajibkan setiap jamaah dan para petugas haji untuk sudah divaksin Covid-19. Hal ini sebagai antisipasi agar rangkaian haji tidak menjadi jamaah terpapar oleh Covid-19. 

 

Hal ini juga sudah diberlakukan untuk para jamaah umrah dan siapa saja yang memasuki Masjidil Haram dan Masjid Nabawi pada bulan Ramadhan 1442 H.


Terkait dengan vaksinasi, Kementerian Agama Pusat sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian kesehatan dan menargetkan program vaksinasi untuk calon jamaah haji selesai pada akhir Mei 2021. Vaksinasi untuk calon jamaah haji diberikan secara gratis.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Aryudi AR

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya