Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Tiga Hal Penting Harus Ditempuh Organisasi menurut Ketum IPPNU

Tiga Hal Penting Harus Ditempuh Organisasi menurut Ketum IPPNU
Suasana Pelantikan PW IPPNU Provinsi Lampung, Oleh Ketua PP IPPNU Nurul Hidayatul Ummah di Badan Diklat Daerah Provinsi Lampung. (Foto: NU Online/Disisi Saidi Fatah)
Suasana Pelantikan PW IPPNU Provinsi Lampung, Oleh Ketua PP IPPNU Nurul Hidayatul Ummah di Badan Diklat Daerah Provinsi Lampung. (Foto: NU Online/Disisi Saidi Fatah)
Bandar Lampung, NU Online
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) IPPNU, Nurul Hidayatul Ummah menegaskan, ada tiga poin penting yang perlu dijalankan organisasi agar eksistensi terus terjaga dan bisa bertahan di tengah perkembangan zaman.
 
Pertama, kaderisasi baik secara formal maupun non-formal. Hal tersebut harus dilakukan secara berkelanjutan. "Kaderisasi harus menjadi titik fokus, sebab pengkaderan merupakan jantung organisasi," ujarnya saat pelantikan Pimpinan Wilayah (PW) IPPNU Lampung masa khidmah 2021-2024 di Badan Diklat Daerah Provinsi Lampung di Haji Mena, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Ahad (4/4).
 
Kemudian yang kedua, lanjutnya, memiliki inovasi yang tinggi, sehingga kader IPPNU bisa melakukan perubahan-perubahan positif. Tentu hal ini harus disertai Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus yang memadai. Karenanya, pengembangan kapasitas dan kreativitas kader harus terus ditingkatkan.
 
Selain itu pula perlu adanya program skill development sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan kader. 
 
Ketiga, ialah kolaborasi atau kerja sama dengan stakeholder untuk mendukung realisasi program-program secara maksimal. Khususnya dalam bidang pemanfaatan dan pengembangan konten media digital. 
 
"Di era sekarang banyak sekali generasi muda yang aktif bermedia sosial. Kita juga harus menguasai hal itu dengan menebarkan hal-hal positif dan ramah agar mereka tertarik," tambahnya.
 
Sementara itu, Ketua PW IPPNU Lampung, Nur Sazaro Tudhur dalam sambutannya berharap, ke depan roda organisasi yang ia pimpin dapat berjalan semakin maju. Ia berharap para pengurus dapat membangun pola koordinasi dan komunikasi antarcabang dengan baik. Sehingga potensi dan skill para pelajar NU di berbagai daerah bisa diidentifikasi dan dikembangkan dengan mudah. 
 
Perempuan yang akrab disapa Sasa itu mendukung atas pamanfaatan media digital sebagaimana arahan Ketum IPPNU. Menurutnya di era 4.0, memanfaatkan media online untuk lahan dakwah Ahlussunnah wal Jama'ah (Aawaja) tak bisa ditinggalkan.
 
Sekadar informasi, pelantikan PW IPPNU Lampung mengusung tema 'Memperkuat Kualitas, Mempererat Solidaritas, untuk Pelajar Berintegritas'. Kegiatan ini juga dirangkai dengan peringatan hari lahir (Harlah) ke-66 IPPNU, upgrading, serta rapat kerja pimpinan yang diikuti seluruh kader IPPNU se-Lampung secara virtual melalui video konferensi.
 
Kontributor: Disisi Saidi Fatah
Editor: Syamsul Arifin
Posisi Bawah | Youtube NU Online