Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pimpin NU Soppeng Sulsel, Ahmad Wardiman Bertekad Bangun Kemandirian Organisasi

Pimpin NU Soppeng Sulsel, Ahmad Wardiman Bertekad Bangun Kemandirian Organisasi
​​​​​​​Ahmad Wardiman (kiri) terpilih sebagai Ketua PCN Soppeng, Sulsel masa khidmat 2021-2026, sementara Azis Makmur (kiri) sebagai Rais Syuriah. (Foto: istimewa)
​​​​​​​Ahmad Wardiman (kiri) terpilih sebagai Ketua PCN Soppeng, Sulsel masa khidmat 2021-2026, sementara Azis Makmur (kiri) sebagai Rais Syuriah. (Foto: istimewa)

Soppeng, NU Online

Ahmad Wardiman terpilih sebagai Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) masa khidmat 2021-2026 pada Konferensi Cabang (Konfercab) ketujuh, Ahad (4/4). Wardiman terpilih setelah mendapat dukungan dari delapan Majelis Wakil Cabang (MWC).

 

Pada konfercab ini juga terpilih Azis Makmur sebagai Rais Syuriah PCNU Kabupaten Soppeng. Sebelumnya Azis menjabat sebagai Ketua PCNU Soppeng masa khidmat 2015-2020. 

 

"Syukur alhamdulillah melalui proses Konfercab saya didukung oleh ketua-ketua MWC dan dapat restu seluruh anggota Rais Syuriyah. Dan, dalam pemilihannya kemarin tidak berlangsung lama, prosesnya penuh rasa kekeluargaan karena memang saya lihat sepekat memilih saya," ujarnya kepada NU Online, Senin (5/4).

 

Di masa kepengurusannya selama lima tahun ke depan, Wardiman mengatakan bertekad akan membangun kemandirian organisasi. Dengan memulai menatap struktur kepengurusan di tingkat cabang, MWC dan ranting.

 

"Kemandirian terkait bagaimana memberdayakan organisasi, selama ini organisasi-organisasi keagamaan baru bisa bergerak membuat kegiatan, aksi nyata ketika mendapat bantuan, misalnya dari pemerintah atau dari luar (internal)," ungkapnya.

 

"Jadi ke depan kita akan menatap semua itu, baik secara personal maupun kemandirian di dalam tubuh organisasi itu sendiri. Insyallah dengan adanya amanah ini, semua Banom, lembaga bisa kita gerakkan sesuai kewenangannya untuk membangun kemandirian itu," sambungnya.

 

Untuk mewujudkan kemandirian itu, Wardiman berharap dukungan dari seluruh kader-kader NU, baik dari Badan Otonom (Banom) NU, Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU), Pendidikan Kader Penggerak NU (PKPNU).

 

Dia juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Soppeng telah dibangun pesantren NU yaitu Pesantren Nahdatul Qurra Walquffaz yang dipimpin oleh Imam Besar Masjid Raya Kabupaten Soppeng, Sulsel.

 

Sebelumnya, Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak menyampaikan bahwa NU merupakan organisasi yang selalu bersinergi dengan pemerintahan dalam menjalankan program keumatan.

 

"Ke depannya kami tetap berharap bawah NU khususnya di Kabupaten Soppeng agar senantiasa mengajarkan Agama yang sopan santun, ramah sehingga bisa diterima di seluruh lapisan masyarakat," terang Kaswadi, juga Mustayar PCNU Kabupaten Soppeng dalam acara pembukaan Konfercab, Ahad (4/4).

 

Sementara itu PWNU Sulsel Dr Marjuni mengatakan, NU harus selalu bersinergi dengan pemerintah dalam menjaga dan merawat Agama bangsa dan negara.

 

"NU selalu menjadi bemper terhadap kelompok kelompok yang ingin merusak tau mengacaukan tatanam masyarakat berbangsa dan bernegara," terangnya.
 

Kontributor: Ridwan
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online