Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Sambut Ramadhan, GP Ansor Teluk Pucung Bekasi Bersihkan 9 Masjid

Sambut Ramadhan, GP Ansor Teluk Pucung Bekasi Bersihkan 9 Masjid
Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi melakukan giat bersih kepada sembilan masjid dan mushala. (Foto: dok. istimewa)
Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi melakukan giat bersih kepada sembilan masjid dan mushala. (Foto: dok. istimewa)

Jakarta, NU Online

Dalam rangka menyambut Ramadhan, Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi melakukan giat bersih kepada sembilan masjid dan mushala yang ada di sana. Kegiatan itu dilangsungkan selama tiga hari pada Jumat-Ahad, 2-4 April 2021 lalu.


“Kami ingin menyambut bulan suci Ramadhan. Karena dalam Islam itu ketika ingin melakukan ibadah harus bersih semuanya, terutama untuk menyambut bulan Ramadhan. Begitu pula tempat-tempat ibadah yang mungkin selama pandemi Covid-19 jarang digunakan sehingga perlu dibersihkan,” tutur Sekretaris PR GP Ansor Teluk Pucung Fahrudin kepada NU Online, Kamis (8/4) siang.


“Bersih-bersih masjid itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya ada yang virus yang menempel makanya kita melakukan bersih-bersih dengan cara penyemprotan disinfektan. Tujuannya supaya bisa membunuh virus dan melakukan sterilisasi ruang-ruang ibadah,” imbuh Rudi, sapaan akrabnya.


Masjid dan mushala yang dibersihkan itu, tidak hanya yang berada di Kelurahan Teluk Pucung tapi juga menjangkau Kelurahan Bahagia di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi karena lokasinya yang sangat berdekatan antar-kedua kelurahan.


“Jadi total dalam waktu tiga hari itu pas banget kita ada 9, sesuai dengan walisongo. Padahal tidak sengaja itu, secara kebetulan saja. Kita tidak hanya menjangkau kelurahan teluk pucung, tapi juga ada di Kelurahan Bahagia, Babelan, Kabupaten Bekasi, karena kan tetanggaan,” jelas Rudi.


Harapan setelah membersihkan masjid


Dengan adanya bersih-bersih masjid itu, Rudi berharap, warga yang tinggal di sekitaran masjid dapat lebih bersemangat untuk beribadah karena ruang ibadahnya bersih dan wangi. Sebab sudah dipastikan bahwa masjid sudah steril dari gangguan dan ancaman-ancaman virus.


Selain itu, Ansor Teluk Pucung juga mengharapkan agar kegiatan bersih-bersih masjid dapat menumbuhkan semangat solidaritas, kekompakan, dan silaturahim antar-pengurus di dalam tubuh Ansor. Begitu pula hubungan baik dengan para pengurus DKM yang masjid dan mushalanya dibersihkan.


“Intinya, untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah. Karena kan dalam giat itu tidak hanya pengurus Ansor yang membersihkan tetapi juga terkadang mendapat bantuan dari pengurus masjid setempat. Jadi mereka pun merasa terbantu dengan adanya kegiatan Ansor ini,” tutur Rudi.


Agenda di bulan Ramadhan


Ansor Teluk Pucung juga telah menyusun agenda pada setiap Ahad di bulan Ramadhan. Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan adalah berbagi takjil untuk berbuka puasa, bekerja sama dengan Pagar Nusa. Kemudian akan disediakan pula masker dan hand sanitizer.


Lalu di sepekan terakhir Ramadhan, Ansor Teluk Pucung akan membagikan sembako kepada 110 orang penerima, 10 orang di antaranya diberikan kepada ustadz dan para tokoh ulama setempat, sedangkan 100 orang lainnya dibagikan untuk anak yatim dan dhuafa. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.


“Tujuannya untuk meringankan kebutuhan mereka sehari-hari dan Ramadhan ini kan bagus juga sebagai momentum atau event untuk berbagi. Pembagian sembako ini beda dengan zakat fitrah,” kata Rudi.


“Sembako ini dibagikan untuk warga di Teluk Pucung dan sekitarnya, mencakup Desa Bahagia, Kecamatan Babelan. Karena kita tetanggaan. Niat kita untuk syiar Islam, terutama mengenalkan NU, Ansor, dan Banser supaya mereka itu punya citra yang positif terhadap Ansor Banser ini,” pungkasnya.


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Fathoni Ahmad

Posisi Bawah | Youtube NU Online