Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LAZISNU Kota Parepare Belajar Tata Kelola Koin NU kepada Cilacap

LAZISNU Kota Parepare Belajar Tata Kelola Koin NU kepada Cilacap
Pelatihan terutama mengupas tata kelola LAZISNU, sumber dan peruntukan dana yang terkumpul melalui program Koin NU.
Pelatihan terutama mengupas tata kelola LAZISNU, sumber dan peruntukan dana yang terkumpul melalui program Koin NU.

Parepare, NU Online
NU Care-LAZISNU Kota Parepare, Sulawesi Selatan mengadakan Pelatihan Manajemen LAZISNU dengan menghadirkan pemateri dari NU Care-LAZISNU Cilacap, Sabtu (10/4).

 

Pelatihan secara virtual juga diikuti oleh para pengurus LAZISNU Pinrang, Sidrap, Soppeng, Wajo, Makassar, Bantaeng, serta para mahasiswa Zakat dan Wakaf IAIN Parepare.

 

Pelatihan terutama mengupas tata kelola LAZISNU, sumber dan peruntukan dana yang terkumpul melalui program Koin NU. "Kesannya sangat luar biasa ilmu yang diberikan sangat memberikan insight yang besar khususnya kami yang sedang mengurus LAZISNU di tingkat Kabupaten/Kota Sulawesi Selatan," kata Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU Kota Parepare Andi Haswan Saddade.

 

Ia mengatakan ada beberapa hal yang dipelajari dalam pelatihan tersebut, di antaranya proses perekrutan pengumpul Koin NU. "Segera akan kami lakukan hal yang sama dengan menyesuaikan kondisi di daerah tentunya. Targetnya semoga bisa maksimal pembagian kaleng Koin NU 1000 per bulan, karena kami akan tetap melakukan perlahan seperti pesan pemateri tadi," ujarnya.

 

Ia menambahkan untuk penerapan dari pemaparan materi narasumber, nantinya akan dimulai dari perencanaan program, baik program tahunan maupun lima tahunan. "Khusus untuk Koin NU NU akan segera kembali mengaktifkan dan menambah jumlah kaleng Koin untuk didistribusikan kepada muzakki. Target ke depan LAZISNU Kota Parepare bisa beroperasi secara MANTAP (Modern, Amanah, Transparan, dan Profesional), sehingga dapat menjadi LAZISNU yang terpercaya khususnya di Kota Parepare," harapnya.


Ketua LAZISNU Kota Parepare, HM Shodiq Asli Umar mengatakan bahwa  acara ini sangat bermanfaat sekali, apalagi diikuti beberapa Ketua LAZISNU di Sulawesi Selatan. "Ini adalah momen tepat, apalagi menghadapi bulan suci Ramadhan, yang terpenting  terlibat LAZISNU harus sepenuh hati untuk kerja-kerja keumatan," kata H Shodiq.


Ia pun menceritakan sebagai Ketua LAZISNU Kota Parepare, memulai gerakan ZISNU dengan  modal semangat tanpa ragu. Ia teringat nasihat dari Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari, 'Siapa yang ngurusin NU maka dia adalah santriku. "Jadi jangan ragu-ragu sedikit pun mengurusi NU, insyaallah ada berkahnya dari para masyayikh pendiri NU," pungkasnya.

 

Perlu diketahui, dari NU Care-LAZISNU Cilacap sebagai narasumber adalah Ketua, Wasbah Samudra Fawaid yang memaparkan program Koin NU dan fundraising. Adapun Manajer Program, Ahmad Fauzi menyampaikan manajemen pengelolaan LAZINU Cilacap.

 

Diketahui, program Koin NU yang digerakkan NU Care-LAZISNU Cilacap terhitung berhasil dengan raihan rata-rata per bulan di atas satu miliar rupiah. Keberhasilan itu terutama karena kekompakan Nahdliyin dan pengurus NU beserta banom dan lembaganya. 

 

Kontributor : Ahmad Saeful
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online