Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

PP Muslimat NU dan YKMNU Santuni Ratusan Penyandang Disabilitas

PP Muslimat NU dan YKMNU Santuni Ratusan Penyandang Disabilitas
Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama dan Yayasan Kesejahteraan Muslimat Nahdlatul Ulama (YKMNU) memberikan santunan kepada 110 anak-anak penyandang disabilitas di Yayasan Permata Disabilitas, Rawamangun, Jakarta, Selasa (27/4). (Foto: Muslimat NU)
Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama dan Yayasan Kesejahteraan Muslimat Nahdlatul Ulama (YKMNU) memberikan santunan kepada 110 anak-anak penyandang disabilitas di Yayasan Permata Disabilitas, Rawamangun, Jakarta, Selasa (27/4). (Foto: Muslimat NU)

Jakarta, NU Online

Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama dan Yayasan Kesejahteraan Muslimat Nahdlatul Ulama (YKMNU) memberikan santunan kepada 110 anak-anak penyandang disabilitas di Yayasan Permata Disabilitas, Rawamangun, Jakarta, Selasa (27/4). Santunan juga diberikan kepada 100 penyandang tunanetra di Bekasi.


“Kita rutin menyapa disabilitas pada baksos kita untuk amaliah Ramadhan. Ada 110 penyandang disabilitas anak-anak dan 100 tunanetra di Bekasi. Kita juga memberikan santunan kepada para pegawai yayasannya” kata Asna Nelly A Wahid, Ketua Panitia Santunan, kepada NU Online pada Selasa (27/4).


Ia menyampaikan bahwa santunan yang diberikan berupa dua paket sembako berisi beras 5kg, minyak, gula, mie instan, telur, dan terigu. Mereka juga mendapatkan sejumlah uang tunai. “Sembako isinya beras 5kg, minyak, gula, mie dan telur, terigu. Dua paket. Amplopnya juga dua,” ujarnya.


Santunan tersebut berasal dari penghasilan beberapa unit milik YKM NU. Nelly menuturkan bahwa YKM NU memiliki rumah sakit. “Kita sisihkan berapa persen penghasilan Yayasan untuk kegiatan sosial,” katanya.


Selain itu, hal ini juga didukung oleh para donatur yang hendak memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. YKM NU, katanya, ‘memanjangkan tangan’ mereka dalam arti menyalurkannya langsung kepada masyarakat.


Tidak hanya penyandang disabilitas, YKM NU juga memberikan santunan kepada panti asuhan, panti lansia, dan kaum duafa. Dalam waktu dekat, katanya, YKM NU akan bergerak membagikan santunan ke Pulau Seribu untuk membantu saudara-saudara di sana yang sangat terdampak Covid-19.


Lebih lanjut, Ketua III YKM NU itu menjelaskan bahwa penyaluran bantuan itu tidak saja dilakukan sendiri, tetapi dipercayakan melalui yayasan, dilakukan secara personal melalui anggota Muslimat.


“Yang tidak kami datangi secara langsung, kami percayakan ke Yayasan, juga di bawah bunda-bunda di Muslimat,” ujarnya.

 

Selain itu, penyaluran bantuan amaliah Ramadhan juga disampaikan melalui Pimpinan Wilayah (PW) Muslimat NU. “Yang berupa uang biasanya kita panjangkan ke wilayah-wilayah. Kita baru kirim ke Jawa Timur. Terus di Jawa Barat, Lampung, Banten, DKI. Itu wilayah,” katanya.


Nelly menegaskan bahwa pihaknya menargetkan 10 ribu paket sembako dan uang tunai dari PP Muslimat NU dan YKM NU akan tersalurkan pada Ramadhan kali ini. “Targetnya 10 ribu paket sembako. Ini sudah tercapai hampir 10 ribu paket,” pungkasnya.


Pewarta: Syakir NF

Editor: Fathoni Ahmad

Posisi Bawah | Youtube NU Online