Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Putra Mahkota Arab Saudi Ungkap Keinginan Damai dengan Iran

Putra Mahkota Arab Saudi Ungkap Keinginan Damai dengan Iran
Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman Al-Saud. (Foto: AFP)
Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman Al-Saud. (Foto: AFP)

Jakarta, NU Online

Arab Saudi telah lama bersitegang dengan Iran. Namun, Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) mengakui dirinya menginginkan hubungan baik dengan Iran. Nada keinginan damai tersebut dilontarkan Mohammed bin Salman dalam wawancara sebuah televisi pada Selasa (27/4) malam.


"Iran adalah negara tetangga, dan semua yang kami cita-citakan adalah hubungan baik dan spesial dengan Iran. Kami tidak ingin situasi Iran menjadi sulit. Sebaliknya, kami ingin Iran tumbuh dan mendorong kawasan serta dunia menuju kemakmuran," kata Mohammed bin Salman dalam wawancara tersebut.

 


Dikutip AFP pada Rabu (28/4), pernyataan melunak itu disampaikan MBS setelah sejumlah sumber menyebut Saudi dan Iran menggelar pembicaraan rahasia di Baghdad, Irak.


Kedua negara yang terlibat persaingan sengit untuk dominasi regional ini, memutuskan hubungan satu sama lain pada tahun 2016 setelah demonstran Iran menyerang misi diplomatik Saudi menyusul eksekusi mati seorang ulama Syiah oleh otoritas Saudi.

 

​​​​​​​Baca juga: Arab Saudi Ajukan Rencana Perdamaian dengan Yaman


MBS menambahkan bahwa Saudi tengah mengupayakan dengan mitra-mitra kawasan dan global untuk mencari solusi terhadap 'perilaku negatif' Iran.


Selama ini, Saudi dan Iran berselisih dan berebut pengaruh di Timur Tengah. Saudi kerap menuding Iran mendukung kelompok teroris dan menyebabkan ketidakstabilan di kawasan. Iran dan Saudi juga kerap berbeda pendapat dalam menangani sejumlah isu regional, seperti konflik Suriah hingga Yaman.


Pewarta: Fathoni Ahmad

Editor: Muchlishon

Posisi Bawah | Youtube NU Online