Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Internasional Keislaman Risalah Redaksi English Opini Obituari Video Tokoh Hikmah Arsip

Pelatihan Desain Poster NU Online: Desain adalah Integrasi Seni, Teknologi, dan Sains

Pelatihan Desain Poster NU Online: Desain adalah Integrasi Seni, Teknologi, dan Sains
Dosen Desain Komunikasi Visual di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang, Zamzami Almakki.
Dosen Desain Komunikasi Visual di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang, Zamzami Almakki.

Jakarta, NU Online

Dalam rangka meningkatkan kemampuan desain grafis nahdliyin, NU Online menggelar Pelatihan Desain Poster secara virtual pada Jumat (8/5). Salah satu tujuan kegiatan ini ialah berupaya melahirkan desainer-desainer dengan kepekaan tinggi. Karena desain mengintegrasikan seni, teknologi, dan sains.


Kegiatan ini diikuti oleh 251 peserta yang berasal dari berbagai wilayah se nusantara. Peserta pelatihan diprioritaskan untuk warga NU yang sedang mendalami desain grafis. Hal ini bertujuan untuk mendukung acara serta kegiatan Nahdlatul Ulama di tiap-tiap daerah.


Kegiatan pelatihan diisi oleh Zamzami Al-Makki, Dosen Desain Komunikasi Visual di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang. Zamzami menyampaikan bahwa desain merupakan suatu kebutuhan atas pemecahan masalah dan alat untuk menyampaikan informasi kesehatan, sosial, politik dan sebagainya.


“Desain dibuat karena adanya problem solving atau pemecahan masalah, dimana dalam desain tersebut terdapat gabungan antara seni, teknologi, dan sains,” jelas dia.


Pemenang Sayembara Logo Muktamar ke-33 NU tahun 2015 ini juga berharap kepada peserta pelatihan agar mereka dapat menjadi agen perubahan.


“Mudah-mudahan setelah ini lahir desainer yang lebih peka dan mampu jadi agen perubahan. Bukan hanya masjid komplek yang desainnya bagus-bagus, tetapi pesantren, masjid di desa, dapat memiliki desain yang bagus pula, dan itu menjadi tanggung jawab sahabat semua,” harap Zamzami.


Adapun materi yang disampaikan seputar wawasan poster. Terdapat empat ketentuan dalam membuat poster, diantaranya poster harus mencuri perhatian, berbeda dari yang lain, memiliki pesan utama dan satu muka satu kesatuan. Berbeda yang dimaksud adalah keunikan saat dilihat dan dirasakan, serta suasana emosional bagi siapa saja yang melihatnya.


Disampaikan pula jenis-jenis poster, yaitu image poster merupakan poster yang didominasi oleh gambar, type poster didominasi oleh tulisan, infographic poster didominasi infografis dan poster berdasarkan pesan informasinya.


Semua materi desain yang disampaikan Zamzami diibaratkan seperti qawaid fiqih dalam ilmu fiqih. Peserta diharapkan dapat mengaplikasikan materi tersebut untuk desain di bulan Ramadhan tahun depan.


Seluruh peserta mengikuti pelatihan dengan antusias dan seksama. Pelatihan diakhiri dengan sesi tanya jawab dari peserta dan foto bersama secara virtual.


Kontributor: Solekhatus Salamah

Editor: Fathoni Ahmad

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya